Review Buku Perkembangan Penerima Bimbing Oleh Prof. Dr. H. Sunarto Dan Dra. Ny.B. Agung Hartono


REVIEW BUKU

“PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK”
Disusun untuk memenuhi kiprah mata kuliah Perkembangan Peserta Didik yang dibina oleh


Ibu Christina Sitepu M.Pd



Disusun oleh:

Marcelina Katarina Sijabat
Nim. 16100037













PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
MEDAN



A.   IDENTITAS

Judul buku                          : Perkembangan Peserta Didik
Penulis:                                : Prof. Dr. H. Sunarto
                                                  Dra. Ny.B. Agung Hartono
Penerbit                               : Rineka Cipta
Tempat                                 : Jakarta
Tanggal penerbitan         : 30 Januari 1995
Cetakan                                : 4
Jumlah halaman               : ix, 245
ISBN                                      : 978-979-518-826-1





B.    PENDAHULUAN

Manusia dalam kedudukannya sebagai penerima didik haruslah ditempatkan sebagai langsung yang utuh; yakni insan sebagai kesatuan sifat makhluk hidup individu dan sosial, sebagai kesatuan jasmani dan rohani, dan sebagai makhluk Tuhan yang harus menempatkan hidupnya sebagai persiapan dunia akhirat.

Pendidikan yakni upaya membentuk suatu lingkungan untuk anak yang sanggup merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikapnya. Jadi, anak dibantu oleh guru, orang tua, dan orang cukup umur lainnya untuk memanfaatkan kapasitas dan potensi yang dibawanya dalam mencapai partumbuhan dan perkembangan yang diinginkan. Agar lebih memahami mengenai perkembangan penerima didik maka dalam ringkasan singkat ini akan dibahas secara mendetail wacana bagaimana perkembangan penerima didik yang sebenarnya. Semoga apa yang dipaparkan dalam ringkasan ini sanggup bermanfaat.


C.     RINGKASAN ISI BUKU

Cetakan yang keempat buku Prof. Dr. H.Sunato dan Dra. Ny. B. Agung Hartono ini mencakup 7 penggalan dan 38 subbab. Didalam buku ini membahas wacana bagaimana perkembangan penerima didik serta konsep-konsep yg mendudukung adanya perkembangan penerima didik. Buku ini juga memperlihatkan klarifikasi wacana hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan yg sangat dibutuhkan.

Menurut penulis, buku ini sangat penting dibaca alasannya sangat membantu guru, mahasiswa calon guru dan masyarakat dalam memahami apa dan bagaimana sebetulnya perkembangan penerima didik dan diperlukan akan memneri dasar, arah dan titik tolak acara perkuliahan, sehingga perkuliahan sanggup dilakukan lebih terprogram.

 Pokok isi uraian yang disajikan pada penggalan 1 yakni karakteristik individu secara umum. Individu yakni insan yang berkedudukan sebagai langsung yang utuh, pilah, tunggal dan khas. Individu terus mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis. Pokok isi uraian yang disajikan pada penggalan 2 yakni mengenai proses perkembangan itu sendiri. Dimana disana dijelaskan bahwa perkembangan merupakan proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungannya. Semua proses pertumbuhan dan perkembangan akan mencapai tingkat kematangan dan dengan demikian akan kuat terhadap perkembangan mengendalikan emosi.

Pokok isi uraian yang disajikan pada penggalan 3 yakni mengenai pertumbuhan fisik remaja. Dimana pertumbuhan fisik yakni perubahan-perubahan fisik yang terjadi dan merupakan tanda-tanda primer dalam pertumbuhan remaja. Ada juga beberapa fakor yang kuat antara lain: faktor keluarga, faktor gizi, faktor emosional, faktor jenis kelamin dan faktor kesehatan. Pokok isi uraian yang disajikan pada penggalan 4 yakni perkembangan intelek, sosial dan bahasa. Intelek yakni kecakapan mental, yang menggambarkan kemampuan berfikir. Perkembangan sosial yakni berkembangnya tingkat korelasi antarmanusia sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia.


Pokok isi uraian yang disajikan pada penggalan 5 yakni mengenai perkembangan afektif. Emosi yakni warna afektif yang kuat dan ditandai oleh perubahan-perubahan fisik. Pokok isi uraian yang disajikan pada penggalan 6 yakni kiprah perkembangan kehidupan pribadi, pendidikan dan karier dan kehidupan berkeluarga.

Kelebihan buku

Kelebihan dalam buku ini yakni bahwa dalam setiap penggalan terdapat rangkuman yg memudahkan pembaca mengetahui kesimpulan dan inti dari apa yang mereka baca juga terdapat daftar pustaka yang semakin menegaskan bahwa isi yang dirangkum dalam setiap babnya sudah lebih terbukti dan terperinci.

Manfaat lain dari buku ini yakni mempermudah pemahaman mengenai perkembangan penerima didik alasannya struktur bahasa yang dipakai gampang dimengerti tanpa mengurang arti sebenarnya. Jadi, buku ini sangat berkhasiat bagi para mahasiswa, guru,  dosen atau para tenaga pengajar lainnya dan juga masyarakat sehingga tidak kesulitan lagi dalam memahami penerima didik.

Kelemahan buku

Banyaknya terdapat kesalahan dalam penulisan kata-kata dan letak beberapa penggalan kata yang kurang tepat sehinga makna kalimatnya jadi rancu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel