Review Buku Interaksi Dan Motivasi Mencar Ilmu Mengajar Oleh Sardiman A.M.
REVIEW BUKU BERJUDUL
“Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH
SONYA MUTIARA SIMANUNGKALIT
NPM : 16100032
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PRODI PENDIDIKAN FISIKA
UNIVERSITAS HKBP NOMENSEN MEDAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur Atas berkat dan Rahmat Tuhan saya sanggup menuntaskan kiprah “Belajar dan Pembelajaran” yang telah di berikan oleh dosen saya Bapak Poltak Panjaitan sempurna pada waktu yang telah ditentukan.
Saya juga berterima kasih untuk waktu yang telah begitu banyak yang di berikan kepada saya,Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan di dalam makala yang saya buat .Untuk itu saya meminta kesedian bapak untuk sanggup menawarkan koreksi dan penilaian.
Penulis
Medan,28 November2017
A. INFORMASI BUKU
Judul Buku : Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar
Nama Penulis : SARDIMAN A.M.
Penerbit : RAJAWALI PERS
Cetakan : Ke 19 tahun 2016
Halaman : 223 Halaman
ISBN : 979-421-051-x
ISI RIVIEWAN BUKU
Motivasi berpangkal dari kata motif yang sanggup diartikan sebagai daya pelopor yang ada di dalam diri seseorang untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan.
Bahkan motif diartikan sebagai suatu kondisi internal.Adapun berdasarkan Mc.Donald,motivasi ialah perubahan energy dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “felling”dan didahului dengan jawaban terhadap adanya tujuan.
Namun pada pada dasarnya bahwa motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melaksanakan sesuatu.Dalam kegiatan belajar,motivasi sanggup dikatakan sebagai keseluruhan daya pelopor di dalam diri siswa yang menimbulkan,menjamin kelangsungan dan menawarkan arah kegiatan belajar,sehingga diharapkan tujuan tercapai.
Dalam kegiatan belajar,motivasi sangat dibutuhkan ,sebab seseorang yang tidak memiliki motivasi dalam belajar,tidak akan mungkin melaksanakan acara belajar.
Pentingnya kiprah motivasi dalam pembelajaran ialah proses pembelajaran perlu dipahami pendidik semoga sanggup melaksanakan aneka macam bentuk tindakan atau dukungan kepada siswa.
Berdasarkan sumber penyebabnya motivasi dikategorikan menjadi motivasi intrinsic dan ekstrinsik.
· Motivasi intrinsic ialah dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang.
Seperti:challenge,curiosty,control,dan fantasy.
· Motivasi ekstrinsik ialah timbul diakibatkan adanya rangsangan dari luar.Individu yang termotivasi secara ekstrinsik akan berpartisipasi untuk menghasilkan outcome tertentu seperti:reward,pujian dari guru atau terhindar dari hukuman.
Dalam proses pembelajaran,motivasi berguru siswa sanggup dianalogikan sebagai materi bakar untuk menggerakkan mesin.Motivasi berguru yang memadai akan mendorong siswa berperilaku aktif untuk berprestasi dalam kelas.tetapi motivasi yang terlalu kuat justru sanggup kuat negative terhadap keefektifan perjuangan berguru siswa.
Peran guru untuk mengelola motivasi berguru siwa sangat penting,dan sanggup dilakukan melalui aneka macam acara berguru yang didasarkan pada pengenalan guru kepada siswa secara individual.
Ada beberapa taktik yang sanggup dipakai oleh guru untuk menumbuhkan motivasi berguru siswa anatara lain:
o Memberikan acara dengan tingkat kesulitan yang menegah sehingga tidak membosankan.
o Memberikan isu wangsit yang dikaitkan dengan pengetahuan siswa serta kejutan .
o Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan acara dan terlibat didalam pembuatan peraturan.
o Melibatkan siswa dalam aktivitas,permaina,dan pelajaran.
Usaha untuk meningkatkan motivasi belajaar siswa memerlukan kondisi tertentu yang mengedepankan keterlibatan dan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
CONTOH DARI PEMAHAMAN MATERI MENGENAI MOTIVASI PEMBELAJARAN
1.Contoh motivasi berdasarkan Mc.Donal, ialah kegiatan yang diarahkan pada feeling/perasaan, maka yang mendorong seseorang untuk melakuakn sesuatu dalam dirinya maka harus didaarkan pada perasaan.
2.Contoh Unsur intrinsic ialah unsur yang berasal dari dalam diri seseorang, dimana hal ini berafiliasi dengan cita-cita.
3.Contoh Unsur Ekstrinsik ialah unsur yang berasal dari luar diri seseorang,contohnya dimana seorang anak melihat ibunya mengajar maka anak tersebut akan memperhatikan serta bertekad akan menjadi pengajar.
4.Contoh pembelajaran merupakan proses untuk mengakibatkan bakat,artinya dikala seseorang berguru memasak maka dengan sendririnya orang tersebut akan mulai menciptakan seseorang tu menjadi ulet melaksanakan talenta yang dimilikinya.
KESIMPULAN
Pembelajaran ialah proses kegiatan yang dilakukan seseoranng dikala seseorang itu melaksanakan proses belajar.Sehingga motivasi pembelajaran itu ialah kegiatan yang mendorong tercapainya tujuan dari rangkain proses berguru motivasi yang dilakukan seseorang
Kemudian motivasi berguru dan motivasi pembelajaran itu merupakan satu kesatuan yg tidak sanggup dipisahkan,dimana ada berguru niscaya disitu ada pembelajaran.