Cara Merawat Motor Dengan Baik Menurut Pengalaman Pribadi

Cara merawat motor dengan baik menurut pengalaman pribadi Cara merawat motor dengan baik menurut pengalaman pribadi
Cara merawat motor dengan baik menurut pengalaman pribadi

Pelangi dunia - Sudah 5 bulan tepatnya bulan pahala tahun 2015, saya tidak pernah mengganti oli motor dan oli gear motor mio alasannya ialah kesibukanku.
temanku mengingatkan "ganti oli sebelum motormu mati total, menyerupai motor milik saya yang tidak pernah di ganti oli hingga motor matic punya saya mati total dan bapak ngomel- ngomel, biayanya nyervisnya cukup besar sekitar 2jt an" Ucap sahabat saya.

Mendengar kisah sahabat saya , pribadi sja pada hari sabtu menyempatkan servis motor ke Dealer resmi yamaha untuk sekedar ganti oli dan oli gear alasannya ialah saya berpikir takut nantinya menyerupai apa yang dialami sahabat saya yang motornya mati total alias tidak sanggup jalan lagi, tidak mengecewakan juga kan mengeluarkan biaya 2jt an untuk servis.

Setelah itu saya ke CS nya pribadi sehabis mengantri cukup lama, duduklah saya di depan CS yamaha. Langsung beliau menanyakan "Ada yang sanggup kami bantu" bilang CS nya dengan senyuman. Langsung saya menjawab " saya mau ganti oli motor dan oli gear mba, apakah bisa?", jawab beliau "Bisa mba, sanggup lihat KTP dan STNK serta kunci motor?" saya tunjukan stnk dan ktp milik saya, CS nya pribadi memperoses lewat komputer mengetik di komputer, keluarlah lembaran kertas. Ternyata sanggup servis dijakarta walaupun ktp saya orang bandung, saya pikir harus sesuai domisili menyerupai beli motor, ternyata tidak!
kata saya " sanggup bayar kini mba", kata CSnya " nanti saja ya mba, sehabis final servis". sehabis itu CSnya mengembalikan KTP dan STNK, tapi kuncinya tidak alasannya ialah kunci beserta lembaran kertas identitas saya tdi di selipkan ke papan tulis yang biasa di bawa, sehabis itu di taro ke lemari antrian servis dan setelahnya di bawa oleh mekanik, kunci beserta lembaran identitas. BArulah motor saya di bawa oleh mekanik untuk di ganti olinya dan di cek keseluruhan. tapi sebelum membawa motor saya mekaniknya menaro helm milik saya di lemari khusus helm.

Pas di tengah-tengah ganti oli, mas mekanik yang satunya lagi menghampiri saya. Kata beliau " mba kampas rem depannya udah habis (kalau di bandung mah pirodo disebutnya), dan sudah memakan(tipis) piringannya tapi piringannya masih bagus. Mau di ganti kampasnya? kalau gk di ganti piringannya sanggup abis dan mengganti piringan gres sekitar 400ribu", kata sya " kira-kira berapa harganya ", JAwab beliau " sekitar 70ribu an".
Saya awalnya membiarkan alasannya ialah gk punya duit, duit saya cuman 120ribu pada ketika itu, hanya cukup untuk mengganti oli saja. tapi  setelah 5 menit lalu di pikir-pikir mengingat pekataan mas mekanik tadi harga piringannya sekitar 400ribu kalau misalkan habis piringannya. YA buru-burulah mencari ATM terdekat, untungnya ada pada ketika itu ada ATM terdekat. saya tarik saja 100ribu di ATM. Setelah itu kampasnya di ganti yang harganya 75 ribu. ini kampas resmi yamaha loh !!!

Singkat dongeng final ganti oli dan servis motornya.

Pada proses masuk ke dealer hingga ke luar dealer, saya banyak bertanya alasannya ialah rasa ingin tau saya. Dan menerima point-point penting diantaranya!!!

  • Cek keselurahan motor setidaknya 1 bulan sekali untuk mengetahui keadaan motor rusak atau tidaknya dan biayanya sekitar 45 ribu(di luar biaya bila ditemukan kerusakan misalkan ampasnya tipis itu beda lagi biaya dan tergantung anda bila mau di ganti, ya dganti. kalau misalkan tidak mau, ya jangan.)  
  • Oli motor di ganti setiap menempuh jarak 1.500km hingga 2000km. Di lihat dari angkanya yang ada dikepla motor. kalau gak salah namanya speedometer yah ? Intinya bila kita sudah menempuh jarak sekitar 1500km hingga 2000km, ntah itu ditempuh dalam 1 bulan, 2bulan, 3 bulan, 4 bulan bahkan 1 tahun kita wajib mengganti kalau tidak mau motormu mati total. jadi misalkan jarak 1500km hingga 2000km ditempuh dalam sebulan ya diganti olinya. Eh ternyata motor nya jarang di pake dan jarak 1500km hingga 2000km gres di tempuh dalam 1 tahun ya di ganti. Jangan diganti misalkan motor jarang di pake, terus 1 bulan gres menempuh 10km ya jngan di ganti, tunggu hingga 1500km hingga 2000km walaupun nympe 1tahun atau lebih.
  • Motor yang jarang di pake, tiap hari minimal harus dipanasin 1 hari sekali. semoga mesinnya tidak hirau taacuh yang berakibat susah dinyalakan bahkan modar. hehe
  • Setiap dua kali pergantian oli motor di ganti satu kali oli gear.
  • Ban sebaiknya di ganti bila sudah tipis. Biasanya ban gres terdapat lekukan , kalau misalkan tipis banget lekukan tersebut tidak terlihat lagi alias rata dan harus segera di ganti.
  • Motor harus di mandiin minimal 1 ahad sekali bila keadaan tidak kotor, guna menjaga mesin tetap higienis dan tidak karatan. kalau kotor ya pada ketika itu juga di mandiin tidak usah nunggu seminggu sekali.
  • Ceklah sebleker kalau misalkan sudah tidak elastis(Ngejod) lagi  dan terdapat bekas oli berati seblekernya sudah pecah(bucat) dan harus segera di ganti.
  • Piringan resmi yamaha untuk mio cw harganya sekitar 400ribu rupiah, cukup mahal juga yah. hehe
  • kampas rem bila sudah tipis harus di ganti. Cara melihat praktis kok, kampas kelihatan tipis dan juga piringannya ada ukiran yang artinya ampas sudah mau mulai memakan piringan. maka segera gantilah.
  • Jika motor dalam keadaan membisu terus kehujanan segera teduklah motornya alasannya ialah air hujan sanggup menciptakan mesin berkarat. kalau lagi di perjalanan gak apa2 kehujanan juga alasannya ialah motor dalam keadaan bergerak. 
  • Motor setiap mau di gunakan pada pagi hari minimal di pansakan dulu sekitar 3- 5 menit dengan di standart tinggikan terlebih dahulu gres di panaskan.
Rincian biaya penggantian oli motor mio didealer resmi yamaha sekitar :
       Fast pit 1 (Biaya pemasangan)
  • ganti kampas rem depan                       : Rp 18.000
  • Ganti oli (oli motor dan oli gear)         : Rp 15.000
      Spare part
  • Brake pad kit (Kampas rem depan)     : Rp 75.000
  • Yamalube matic engine oil                  : Rp. 33.000
  • Gear oil (matic)                                    : Rp. 10.500
Total semuanya servis dan spare part ialah sebesar Rp. 151.500. mahal juga yah biaya pemasangannya sekitar Rp 18.000 untuk ganti kampasnya dan Rp 15.000 untuk ganti oli motor dan oli gear. Jika anda sanggup mengganti kampas dan oli motor sendiri sanggup menghemat pengeluaran tinggal beli kampas rem dan olinya tinggal pasang sendiri.
Secara keseluruhan pelayanan memuaskan, mau menjawab setiap pertanyaan pelanggan dengan ramah. hehe
Sumber https://pelangidunia21.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel