Tahapan Pelayanan Imuniasi Polio Menurut Pengalaman Pribadi

Pelangi dunia - Orang bau tanah yang pertama kali memiliki bayi dan gres pertama kali melaksanakan vaksin polio, niscaya bertanya bagaimana sih mekanisme pelayanan vaksin polio? Sebenarnya sih tinggal tiba saja, niscaya akan di arahkan bagaimana-bagaimananya tpi mungkin niscaya bapak maupun ibu ingin tau bagaimana mekanisme pelayanannya. Untuk menghilangkan ingin tau pada ketika ini, saya akan membuatkan pengalaman yang saya dapatkan ketika PIN Polio  2016(Pekan Imunisasi Nasional) tepatnya di RW daerah saya tinggal. Pastikan bayi maupun balita tidak mengalami demam maupun mencret sebab itu tidak di bolehkan,  jika nada ragu tanyakan pribadi kepada petugas kesehatan boleh tidaknya bayi demam maupun mencret untuk diberikan vaksin polio. Saya jamin anda akan di suruh melaksanakan vaksin sehabis balita maupun bayi anda sembuh dari demam dan mencret,. tpi hening saja kok imunisasi polio sanggup di lakukan di mana saja selama kegiatan masih berlangsung. PIN Polio untuk tahun ini dilaksanakan 8-15 maret 2016.

Setelah anak yakin tidak demam maupun mencret cari tau dulu Pos Pelayanan Polio terdekat ntah itu di puskesmas, posyandu, poskesdes, rumah sakit, pelayanan kesehatan swasta dan daerah umum strategis lainnya. 

Pendaftaran (mengisi daftar hadir)

Setelah mengetahui Pos Pelayanan Polio datanglah sembari membawa KMS (kartu menuju sehat) ke daerah yang diadakan Vaksin Polio, jikalau tidak ada kartu KMS tetap akan di layani. Kartu KMS ini ada dua khusus untuk wanita warna pink, dan pria warna biru.


Setelah anda membawa KMS maupun tidak, anda menuju ke registrasi disini anda akan di tanya oleh petugas mengenai data untuk melengkapi format daftar hadir menyerupai :
  • Suami/istri: 
tumpuan : Afgan/Raisa nama artis aja hehe
  • alamat : 
disini hanya ditulis RT/RW nya saja misalkan 02/06
  • alat kontrasepsi yang di gunakan : 
alat kontrasepsi yang di gunakan misalkan kondom, Pil, suntik, susuk
  • tanda tangan: 
tanda tangan anda
  • keterangan : 
menyerupai ASI, Formula maksudnya susu yang diberikan pada balita anda


Penimbangan berat tubuh anak

Anda akan diarahkan ke daerah penimbanngan anak sehabis mengisi daftar hadir, di daerah ini anak anda akan di timbang untuk mengetahui berat tubuh anak anda.

Daftar penimbangan balita 

Setelah anak anda di ketahui berat badannya anda menuju potongan pencacatan penimbangan balita ini ada dua petugas yang mencatat, satu khusus balita wanita dan satunya lagi khusus balita laki-laki. tujuannya supaya gampang mengkelompokan mana yang pria dan mana yang wanita dan cepat dalam proses pelayanan. 


Pencatatan hasil pelaksanaan polio

Setelah final melaksanakan pencatatatn penimbangan, anda oleh petugas akan di arahkan ke petugas pencatatan hasil pelaksanaan polio. Di sini anda kan di tanya untuk melengkapi format yang ada seperti 
  • NAMA BALITA
  • UMUR
  • NAMA ORANG TUA
  • ALAMAT 
  • KETERANGAN
 Orang bau tanah yang pertama kali memiliki bayi dan gres pertama kali melaksanakan vaksin polio Tahapan pelayanan imuniasi polio menurut pengalaman pribadi
Tahapan pelayanan imuniasi polio menurut pengalaman pribadi

Pemberian vaksin polio melalui oral(mulut)

Langkah selanjutnya sehabis pencatatan hasil pelaksanaan polio yakni Pemberian vaksin melalui oral atau mulut.

Cap tinta

cap tinta yah bukan cap cinta. wkwkwkwkwk
sehabis diberikannya vaksin polio anak wajib di tandai jarinya memakai tinta. Tujuannya sebagai bukti balita anda sudah di vaksin polio.

jikalau sudah di berikan vaksin imunisasi balita anda akan di kasih bubur sumsum kalo di tempatku, sehabis itu boleh pulang. Pemberian bubur sumsum sebagai asupan gizinya. Lumayan lah hehe gratis gratis. Ayo makanya bawa balita anda yang berusia 0-59 bulan supaya anak anda bebas dari penyakit polio. Sukseskan Pekan Imunissi Nasional Polio 2016 di Indonesia 8-15 maret di daerah terdekat, supaya indonesia bebas penyakit polio. 

Catatan : anak anda boleh minum atau makan sehabis 5 menit santunan Vaksin polio atau untuk lebih jelasnya tanyakan saja ke petugas kesehatan yang ada.

Sumber https://pelangidunia21.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel