Review Buku Psikologi Berilmu Balig Cukup Akal Perkembangan Penerima Bimbing Oleh Mohammad; Ali Mohammad Asrori

download Review Buku Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik pdf mohammad ali dan Mohammad Asrori terlengkap


Review Buku Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik oleh Mohammad Ali dan Mohammad Asrori

download Review Buku Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik pdf mohammad ali dan Mohammad Asrori terlengkap


A.   IDENTITAS

Judul buku                          : Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik
Penulis:                                : Mohammad Ali
                                                  Mohammad Asrori
Penerbit                               : Bumi Aksara
Tempat                                 : Jakarta
Jumlah halaman               : ix, 212
ISBN                                      : 979-526-959-3





B.    PENDAHULUAN

Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks alasannya yaitu melibatkan banyak sekali faktor yang harus dirancang dengan baik sehingga faktor-faktor tersebut membangun suatu harmoni dalam suatu sistem pembelajaran.

 Untuk sanggup membuat suatu perpaduan  harmonis yang penuh improvisasi seorang pembelajar, guru atau dosen selain kaya akan kiat-kiat pembelajaran, tidak kalah pentingnya juga dituntut mempunyai bekal pengetahuan memadai  tentang akseptor didiknya. Ini menjadi sangat penting alasannya yaitu akseptor didik yaitu insan yang ditinjau dari sudut pandang filsafat, psikologi, maupun sosiologi merupakan makhluk yang kompleks dan penuh misteri. Agar lebih memahami perihal psikologis remaja (peserta didik) maka dalam ringkasan singkat ini akan dibahas secara terperinci. Semoga apa yang dipaparkan dalam ringkasan ini sanggup bermanfaat.

C.     RINGKASAN ISI BUKU

Buku karangan Mohammad Ali dan Mohammad Asrori ini mencakup 14 cuilan dan 88 subbab. Didalam buku ini membahas perihal psikologi akseptor didik dan bagaimana cara mengenal banyak sekali tingkah laris akseptor didik. Buku ini juga membahas perkembangan kreativitas, perkembangan kemandirian, serta perkembangan emosi yang menjadi faktor pembeda dari tiap akseptor didik.

Menurut penulis, buku ini merupakan salah satu sarana ikhtiar membantu para pendidik memahami dan mendeskripsikan akseptor didik serta memperlihatkan alternative intervensi edukatif untuk membangun perkembangan secara maksimal potensi yang dimilikinya. Buku ini juga harus dikuasai oleh semua mahasiswa kependidikan sebagai calon pendidik dan calon guru.

Didalam cuilan 1 dijelaskan bahwa individu sebagai kesatuan banyak sekali karakteristik. Perbedaan individual dalam banyak sekali karakteristik itu tampak dalam (a.) karakteristik aspek fisik, (b.) karakteristik intelek, (c.) karakteristik emosi, (d.) karakteristik sosial, (e.) karakteristik bahasa, (f.) karakteristik bakat, (g.) karakteristik nilai, moral dan sikap.

Didalam cuilan 2 dijelaskan mengenai remaja dan perkembangannya. Karakteristik umum perkembangan remaja yaitu bahwa remaja peralihan dari masa anak menuju masa dewasa. Didalam cuilan 3, dijelaskan mengenai pertumbuhan fisik mencakup perubahan-perubahan fisik yang progresif baik eksternal maupun internal. Didalam cuilan 4, dijelaskan mengenai perkembangan intelek. Perkembangan ini sering disebut juga perkembangan kognitif. Hubungan intelek dengan tingkah laris yaitu bahwa intelegensi merupakan pernyataan dari tingka laris adaptif dan terarah kedada kontak dengan lingkungan dan kepada penyusunan pemikiran.

Didalam cuilan 5, dijelaskan mengenai perkembangan kreativitas. Perkembangan krestivitas berkaitan dekat dengan fungsi belahan otak kanan, yang berarti berkaita pula dengan perkembangan intelek. Didalam cuilan 6, dijelaskan mengenai perkembangan emosi.
 Emosi yaitu setiap acara atau pergolakan pikiran, perasaan, nafsu serta setiap keadaan mental yang jago dan meluap-luap. Didalam cuilan 7, dijelaskan mengenai perkembangan talenta khusus. Bakat yaitu kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, baik yang bersifat umum maupun khusus.

Didalam cuilan 8, dijelaskan mengenai perkembangan kekerabatan sosial. Hubungan sosial yaitu cara-cara individu bereaksi terhadap orang-orang disekitarnya dan bagaimana dampak kekerabatan itu terhadap dirinya. Didalam cuilan 9, dijelaskan mengenai perkembangan kemandirian. Ada dua jenis kemandirian, yaitu (a) kemandirian aman, (b) kemandirian tidak aman. Didalam cuilan 10, dijelaskan perkembangan bahasa. Makna perkembangan bahasa sama dengan penguasaan bahasa yang proses pemilihan kosakata, kemampuan menyusun kata-kata sederhana hingga pada kemampuan menyusun tata bahasa sederhana maupun kompleks.

Didalam cuilan 11, perkembangan nilai, moral dan sikap. Nilai yaitu suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan menentukan keputusan dalam situasi sosial tertentu. Didalam cuilan 12, dijelaskan mengenai kebutuhan dan pemenuhannya. Didalam cuilan 13, dijelaskan bahwa tugas-tugas perkembangan remaja. Tugas perkembangan yaitu kiprah yang muncul pada ketika atau sekitar suatu periode tertentu dari kehidupan individu yang harus diselesaikan sebaik-baiknya.

Didalam cuilan 14, dijelaskan mengenai pembiasaan diri dan permasalahannya. Seseorang dikatakan mempunyai kemampuan mengikuti keadaan yang baik manakala bisa melaksanakan respon-respon yang matang, efisien, memuaskan, dan sehat.  

Kelebihan buku

            Kelebihan buku ini yaitu tersedianya ringkasan buku pada setiap cuilan sehingga membantu pembaca menyimpulkan point-point penting dalam bab. Buku ini juga dilengkapi dengan banyak sekali macam istilah-istilah dan pengertian dari  istilah tersebut biar tidak membingungkan pembaca sekaligus sanggup lebih menambah wawasan pembaca.

            Kelebihan lain buku ini yaitu terdapat boks perihal hal-hal penting dalam setiap bab, hal ini juga sanggup memudahkan pembaca mengetahui inti sari dalam bab.

      Kelemahan buku

Ada beberapa istilah yang memakai bahasa Inggris dan tidak dituliskan pengertiannya. Hal ini akan menyulitkan pembaca untuk mengetahui makna sebenarnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel