30+ Trik Kilat Dan Belakang Layar Photoshop Yang Wajib Kau Ketahui

30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui - Kenapa saya ketakan bahwa trik ilat dan belakang layar ini wajib untuk teman ketahui? Karena, kalau teman bekerja dengan memakai Adobe Photoshop, disamping cara manual, cara cepat harus teman ketahui dan kuasai.


Agar pekerjaan teman menjadi cepat selesai dan juga maksimal. Trik kilat ini bahwasanya bukan sesuatu yang gres ataupun belakang layar banget. Namun, bagi teman yang masih gres mencar ilmu dan belum hingga ke tahapan lengkah-langkah cepat dalam mengerjakan perkerjaan di Photoshop, trik ini tentu saja masih menjadi misteri.

Selain mempercepat pekerjaan sobat, trik kilat photoshop ini juga akan semakin mempermudah teman dalam mengerjakan sesuati di dalam photoshop.

Di dalam trik ini, terdapat cara cepat menyeleksi rambut dengan cepat, menentukan banyak layer dengan mudah, memeilih salah satu layer diantara banyak layer yang tidak kita ketahui/hafal nama layernya dengan simpel dan cepat. Dan masih banyak lagi.

Di dalam mengedit gambar di photoshop. Menyeleksi ialah pekerjaan yang hampir selalu kita temui. Terutama dalam menyeleksi rambut. Seperti yang teman ketahui, menyeleksi rambut lebih memakan banyak waktu ketimbang menyeleksi objek lainnya.
Baca Juga :  Photoshop Lengkap
Apalagi kalau gambar yang akan dikerjakan mempunyai resolusi atau kualitas yang jelek dan juga posisi rambut sangat berserakan dan tidak kontras dengan background.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



Untuk itu, 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop ini wajib teman ketahui dan pelajari biar semakin simpel dan cepat dalam proses menyeleksi rambut dalam kondisi apapun.

Baiklah, pribadi saja teman simak apa saja 30+ Trik Kilat dan Rahasia  yang Ada di Photoshop pada ulasan berikut.


1. Memilih Salah Satu Layer Diantara Banyak Layer dengan Cepat

Jika kita sedang mengerjakan editan gambar di Photoshop. Terkadang tanpa kita sadari layer yang kita buat sudah mencapai puluhan bahkan sanggup saja mencapai ratusan.

Jika kita masih harus mencari layer yang akan kita kerjakan di Palet layer tentu akan sangat memakan waktu. Untuk itu teman gunakan cara ini biar sanggup dengan cepat mengaktifkan layer yang di tuju tanpa harus membuat-buang waktu mencari diantara tumpukan layer di palet layer.

Sobat lihat pada teladan gambar dibawah. Diantara banyak objek tersebut saya buat nama layernya menjadi acak. Untuk mempermudah menentukan layer pada objek yang di tuju, silahkan sobat pilih Move Tool (V) pada tool box.

Setelah itu tekan CTRL pada keyboard lalu klik pada objek yang akan dipilih. Maka otomatis layer objek tersebutlah yang akan aktif pada Palet layer.







2. Menyeleksi Banyak Layer dengan Posisi Tidak Beraturan dengan Cepat 

Sama menyerupai teladan masalah diatas. Jika layer yang dibentuk sudah mencapai puluhan akan memakan waktu kalau harus menyeleksi beberapa layer sekaligus pada palet layer.

Gunakan cara berikut biar teman sanggup menyeleksi banyak yang tidak beraturan dengan cepat tanpa harus scrol keatas dan kebawah palet layer.

Pilih Move Tool (V) pada tool box. Setelah itu tekan CTRL + SHIFT > Klik pada beberapa Layer yang akan diseleksi.



 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



3. Membuat Layer Baru dengan Cepat

Membuat layer gres pada umumnya sanggup dilakukan dengan cara klik menu Layer > New > Layer. Atau sanggup dengan mengklik ikon Create a new layer pada palet Layer.

Namun ada cara cepat yang sanggup teman gunakan untuk membuar layer gres tanpa harus memakai kedua cara diatas.

Caranya, tekan CTRL + SHIFT + N, berikan nama layer kemudian klik ok.

Dari pengalaman pribadi dan berdasarkan saya pribadi, cara ini lebih cepat dan simpel daripada harus pergi ke sajian layer ataupun mengklik ikon Create a new layer pada palet Layer.
Karena saya pribadi, kalau bekerja dengan memakai Adobe Photoshop dan pekerjaan tersebut tidak memerlukan banyak layer yang dibuat. Saya tidak pernah menunjukkan nama layer yang saya buat. Nama layer yang saya buat biasanya Default.

Untuk cara saya menyeleksi layer yang saya tidak tahu namanya saya gunakan cara yang sudah saya tuliskan diatas.



4. Menduplikat Layer dengan Cepat

Menduplikat layer atau mengkopi layer sanggup teman lakukan dengan cara klik kanan pada layer yang diseleksi kemudian pilih Duplicate Layer.

Namun ada cara yang lebih cepat dan simpel daripada cara tersebut. Yaitu dengan cara menekan CTRL + J pada keyboard.

Namun perlu teman ketahui juga, cara ini tidak sanggup dipakai untuk menduplikat beberapa layer sekaligus. Untuk menduplikat banyak layer tetap teman gunakan cara klik kanan pada layer yang diseleksi kemudian pilih Duplicate Layer (Adobe Photoshop CS3).




5. Menduplikat Layer dengan Cepat Part 2

Selain memakai cara diatas ada satu cara lagi menduplikat layer dengan sangat cepat dan tanpa repot-repot menekan Hotkey (jalan pintas/Shortcut atau tombol kombinasi pada keyboard komputer) di keyboard.

Caranya, pada objek yang akan diduplikat gunakan Move Tool (V). Kemudian tekan Alt di keyboard lalu drag objek yang akan diduplikat. Maka layer objek tersebut akan terduplikat.

Cara ini jauh lebih simpel dan cepat dari cara-cara sebelumnya ataupun yang biasa digunakan.



6. Menganti Warna Teks dengan Cepat

Mengganti warna pada teks juga merupakan hal yang paling sering kita lakukan di Photoshop. Jika teman masih  menggunakan cara manual dalam mengganti warna teks, akan sangat memakan waktu.

Menganti warna teks pada umumnya dilakukan dengan cara memblok teks yang akan diganti warnanya. Kemudian teman sanggup mengganti warna teksnya pada  Options Bar.

Jika yang akan diganti warna teksnya ada banyak, pastinya akan menghabiskan waktu hanya untuk mengganti warna teks saja. Gunakan cara ini biar mengganti warna teks menjadi semakin lebih simpel dan cepat.

Seleksi atau aktifkan layer teks yang akan dirubah warnanya. Atur warna forground pada Set Color sesuai dengan yang diinginkan, contohnya warna biru.

Untuk merubah warna teksnya tekan Alt + Del/Backspace. Jika ingin merubah warna teks mengikuti warna Background pada Set Color gunakan CTRL + Del/Backspace.



7. Mengganti Warna Objek dengan Cepat

Jika sebelumnya yang saya share ialah cara cepat mengganti warna pada teks, kali ini saya share cara cepat mengganti warna objek dengan cepat.

Apa bedanya cara menganti warna objek dengan teks?
Perbedaannya tidak terlalu signifikan. Namun perlu teman ketahui, kalau teman memakai cara mengganti warna teks pada objek. Maka yang akan terwarnai pada layer objek ini ialah keseluruhan layer. Hasilnya teman malah menciptakan warna background.

Perbedaanya ada dimana?
Perbedaannya hanya ada di Hotkey yang digunakan. 

Alt + SHIFT + Del/Backspace : Digunakan untuk mengganti warna pada objek sesuai dengan warna Forground yang ada di Set Color.

CTRL + SHIFT + Del/Backspace : Digunakan untuk mengganti warna pada objek sesuai dengan warna Background yang ada di Set Color.

Baca Juga :  Teks Efek Photoshop


8. Menganti Satuan Ruler

Ini bukan cara cepat, tapi ini juga penting untuk teman ketahui. Bagi sobat-sobat yang sudah terbiasa dengan Adobe Photoshop mungkin mengganti satuan ruler sudah banyak yang tahu. Tetapi untuk teman yang gres mencar ilmu tentu saja hal ini menjadi masalah.

Mungkin pada suatu kasus, pekerjaan teman membutuhkan satuan sentimeter. Sedangkan satuan default mungkin ialah Pixels.

Lalu, bagaimana cara mengganti satuan Rulernya?
Jika belum keluar tampilan penggaris (Rulers) pada sisi samping dan atas lembar kerja. Silahkan teman klik menu View > Rulers. Atau sanggup dengan cara menekan CTRL + R.

Setelah itu, pada tampilan Rulers yang ada di atas lembar kerja, silahkan sobat klik kanan > kemudian ganti dengan satuan sesuai dengan yang teman butuhkan, contohnya saja centimeters.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui




9. Mengatur Opacity Layer dengan Cepat

Mengganti opacity layer juga sanggup dilakukan dengan sangat cepat tanpa perlu menggeser slider pada Palet layer. Karena mengatur opacity layer merupakan hal yang sering juga kita lakukan di Photoshop, maka cara ini sangat penting untuk teman ketahui.

Untuk mengganti opacity layer dengan cepat silahan teman aktifkan layer yang akan diatur Opacitynya.

Pilih Move Tool (V) terlebih dahulu. Kemudian tekan angka 1 pada keyboard untuk mengubah Opacity Layer menjadi 10%. Tekan angka 2 untuk mengubah Opacity Layer menjadi 20%.

Untuk mengubah opacity layer sesuai dengan keinginan. Misalnya 25%, tekan angka 25 dengan cepat.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui




10. Mengatur Size Brush dengan Praktis dan Cepat

Menyesuaikan ukuran Brush dalam proses mengedit ialah hal yang biasa kita lakukan. Selain brush untuk menggambar brush untuk menghapus (Eraser Tool) juga sangat sering kita setting ukurannya. Jika memakai cara manual, teman pastinya akan mondar-mandir mengarahkan kursor ke Options Bar dan Lembar kerja untuk mengatur ukuran brushnya.

Jika ketika ini teman masih memakai cara menggeser Slider Master Diameter untuk mengecilkan dan membesarkan ukuran Brush. Sebaiknya teman gunakan cara ini biar jauh lebih simpel dan cepat.

Pada ketika teman menggunakan Brush (B), gunakan tombol tanda kurung siku  [ ] (Square Brackets) pada keyboard. 

Square Brackets kiri untuk mengecilkan size Brushnya. Square Brackets kanan ] untuk membesarkan size Brushnya.



11. Mengedit Foto Menjadi Hitam Putih dengan Cepat

Mengedit foto berwarna menjadi hitam putih sanggup dilakukan dengan cara klik menu Image > Adjustments > Black & White. Pada cara ini, hasil imbas hitam putih sanggup diatur contras dan perubahan komposisi warnanya. Cara cepatnya teman sanggup menekan CTRL + Alt + SHIFT + B.

Namun ada cara yang jauh lebih cepat dan simpel yaitu dengan menggunakan imbas Desaturate. Hasilnya kurang lebih sama, namun yang membedakan, dengan cara ini teman tidak sanggup mengatur contras dan menyerupai apa hasil yang teman inginkan. Hasil yang didapat otomatis.
Desaturate adalah proses mengonversi image berwarna menjadi image grayscale (hitam-putih) tanpa mengubah Color Mode. Proses ini tidak sanggup dilakukan pada layer bertipe Smart Object, Anda harus melaksanakan Rasterize terlebih dahulu.
Untuk menciptakan gambar menjadi Hitam-Putih dengan cepat teman lakukan dengan cara menekan CTRL + SHIFT + U.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



12. Mensetting Undo Hingga 1000x

Salah ataupun revisi dalam proses pengerjaan gambar di Photoshop ialah hal yang biasa terjadi. Jika kita ingin kembali ke proses editan sebelumnya, kita sanggup memakai cara Undo (CTRL + Alt + Z).

Namun, defaultnya, batas Undo hanyak sebanyak 20x. Jika 20x undo ini dirasa masih kurang, teman sanggup menambahkannya hingga 1000x.

Caranya : Klik sajian Edit > Preferences > Performance. Kemudian carilah kolom History States. Masukan jumlah maksimal Undo yang teman inginkan. 

Tapi! Perlu teman ketahui. Semakin banyak history yang teman simpan, akan semakin menciptakan Photoshop berjalan lebih lambat.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



13. Zoom In dan Zoom Out dengan Mudah

Untuk menzoom gambar atau zoom out sanggup dilakukan dengan memakai Zoom Tool (Z). Atau sanggup juga dengan menggeser Slider pada palet Navigator.

Ada cara yang lebih simpel dan ringkas dari kedua cara diatas. Yaiutu dengan cara menekan Alt pada keyboard kemudian scrol mouse ke depan untuk Zoom In dan ke belakang untuk Zoom Out.



14. Cara Memindah Layer dengan Cepat

Mengatur susunan layer juga menjadi hal yang penting dan sering kita lakukan. Apabila susunan layer sudah bertumpuk akan kurang nyaman rasanya harus memindahkan layer yang kita pilih ke posisi yang diinginkan kalau memakai drag mouse.

Jika dipadukan dengan cara menentukan layer dengan cepat yang sebelumnya sudah saya share diatas. Cara yang satu ini akan sangat lebih simpel dan cepat dalam memindah layertertentu.

Setelah layer yang akan dipindahkan letaknya sudah terseleksi. Silahkan teman tekan CTRL + ] untuk memindahkan posisi layer keatas. Dan gunakan CTRL + [ untuk memindahkan posisi layer kebawah.




15. Membuat Objek atau Area Seleksi dengan Presisi

Untuk teman yang masih mencar ilmu Photoshop. Saat teman menciptakan objek bundar ataupun persegi terkadang gambarnya tidak presisi. Seperti ketika menciptakan lingkaran, seringkali gambar tersebut malah menjadi oval atau gepeng.

Agar mendapat bentuk bundar yang tepat atau objek yang lain. Silahkan tekan SHIFT pada ketika menciptakan objek tersebut biar alhasil menjadi bundar sempurna.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui

Dengan memakai cara ini, saya sanggup menciptakan Desain Teks Tipografi pada bundar tepat terseut. Jika teman ingin lihat contohnya, silahkan baca pada artikel berikut :



16. Cara Membuat Garis Agar Lurus

Pembahasannya kurang lebih masih sama dengan cara sebelumnya diatas. Masih berkaitan dengan cara menggambar objek yang benar di Photoshop.

Jika teman kesulitan menciptakan garis yang benar-benar lurus pada ketika memakai Pen Tool (P) Polygonal Lasso Tool (L), Line Tool (U), ataupun tool lain yang dipakai untuk menciptakan sebuah garis.

Pada ketika teman menciptakan garis tersebut tekan SHIFT pada keyboard.




17. Me-Reset Warna Pada Set Color

Secara default, warna pada Set Color ialah Hitam dan Putih. Dalam proses pengeditan biasanya kita akan mengganti warna yang ada di Set Color. Dan warna tersebut mungkin sudah bermetamorfosis Biru dan Merah.

Warna Hitam dan Putih ini sering dipakai kalau teman bekerja dengan memakai Layer Mask untuk menampilkan atau menyembunyikan objek. 

Mereset warna Set Color berarti mengembalikan warna forground dan background menjadi Hitam dan Putih. Jika memakai cara manual, teman harus mengklik Set Color kemudian pilih warna defaultnya (Hitam dan Putih).

Jika teman bekerja dengan memakai Layer Mask, cara merubah warna Set Color menjadi default menyerupai cara diatas kurang efektif alasannya ialah akan memakan waktu.

Jika teman ingin cepat dan lebih efektif, gunakan tombol D. Jika teman akan mengganti warna forground menjadi background dan sebaliknya, gunakan tombol X.



18. Membuat Efek Lomo dengan Cepat

Membuat foto lomo sanggup dilakukan dengan simpel dan cepat di Photoshop. Lihat caranya berikut.

Pertama Buka Photoshop teman dan masukan foto yang akan diberikan imbas lomo.

Kedua Masuk ke Palet Channels

Ketiga Pilih Channel Green, kemudian tekan CTRL + A pada Keyboard lalu copy (CTRL + C)

Ke-empat Pilih Channel Blue lalu Paste (CTRL + V)

Kelima Pilih Channel RGB lalu kembali ke Palet Layer dan lihat hasilnya


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui


Untuk penyempurnaan ataupun pembiasaan efeknya teman sanggup menambahkan Selective Color.

Untuk lebih detailnya lihat tutorial videonya dibawah!





19. Menggeser Tampilan Kerja Lebih Mudah

Dulu waktu saya belum menemukan cara ini saya menggeser tampilan kerja saya dengan memakai Hand Tool (H) dan kadang menggeser tampilan gambar di Palet Navigator. Dan saya rasakan sendiri cara ini kurang nyaman digunakan, kurang simpel dan efektif.

Karena kita harus menggerakkan kursor ke palet navigator ataupun harus mengganti tool. Saya tadi menyampaikan menemukan, menemukan disini bukan bahwa saya yang menemukan cara ini. Tetapi saya gres tahu cara ini secara tidak sengaja.

Rata-rata orang mengedit di Photoshop keadaan asisten memegang Mouse dan tangan kiri stand by di keyborad. Daripada teman memakai kedua cara diatas, lebih baik teman gunakan cara ini yang jauh lebih simpel dan mudah.

Gunakan tombol Spasi. Sobat tekan tombol Spasi kemudian teman gerakkan tampilan lembar kerja teman sesuai dengan yang diinginkan. Jika sudah mendapat posisi tampilan gambar yang diinginkannya silahkan teman lepas tombol Spasinya.

Saya pribadi, memakai cara ini jauh lebih nyaman, efektif , dan lebih cepat. Tapi semua tergantung kebiasaan masing-masing. Silahkan teman coba dan rasakan perbedaannya dengan kedua cara yang saya sebutan sebelumnya.




20. Membuat Warna Foto Fokus Pada Satu Objek Gambar

Sebenarnya saya galau mau ngasih judulnya dengan nama apa. Efek menyerupai ini biasanya sering dipakai untuk mengedit gambar pemain sepakbola di lapangan pada ketika beraksi ataupun sedang berselebrasi.

Namun pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan teladan pada foto model. Saya mengunakan koleksi foto ini milik Zafizack Photography.

Pertama Pada foto yang akan dibentuk fokus pada warna orangnya klik Create new fill or adjustments layer > Hue/Saturation.

Kedua Pada Kotak Hue/Saturation, di kolom Edit pilih Greens. Klik Add to Sample lalu klik pada objek yang akan diturunkan Saturasinya. Klik pada warna daun yang berwarna hijau. Lalu turunkan Saturation menjadi -100.

Ketiga Lakukan cara yang sama menyerupai cara kedua, namun kali ini warna yang akan kita turunkan Saturasinya ialah Yellow. Jika sudah klik ok.

Mengedit foto dengan mengfokuskan warna pada satu objek ini bahwasanya sanggup dilakukan kurang dari satu menit. Tidak percaya??? Coba saja .

Untuk lebih deatilnya lihat tutorial videonya dibawah!



Catatan : Kualitas gambar akan sangat besar lengan berkuasa terhadap hasil akhir



21. Mengganti Warna Baju dengan Cepat

Mengganti warna baju initinya sama menyerupai cara Membuat Warna Foto Fokus Pada Satu Objek Gambar diatas. Yang membedakan hanya dibagian Hue saja yang kita ubah.

Jika pada cara sebelumnya yang kita ubah nilainya ialah Saturation, maka kali ini yang akan kita ubah nilai atau kita atur settingannya ialah Hue.

Silahkan teman geser Slider Hue ke kanan atau ke kiri untuk mengganti warna pada objek yang di tentukan. Jika ada bab lain yang ikut terganti warnanya, teman sanggup memperbaikinya dengan memakai Layer Mask.




22. Mengubah Warna Rambut dengan Mudah

Masih membahas soal mengganti atau merubah warna pada gambar. Selain objek dan juga warna baju,dll. Warna rambut juga sanggup dirubah dengan mudah. Lihat caranya dibawah.

Pertama Pada gambar yang akan diubah warna rambutnya, silahkan teman klik menu Select > Color Range.

Kedua Tahan tombol SHIFT pada keyboard, kemudian klik pada area rambut. Buat nilai Fuzziness dengan angka 5, kemudian klik ok.

Ketiga Setelah itu klik Create a new fill or adjustments > Color Balance.

Keempat Pada Radio Midtones buat nilai Magenta menjadi -45 dan Yellow -20. Klik Radio Shadows buat nilai Red +25 dan Green +5. Lalu klik ok.

Jika ada area yang ikut terseleksi dan ikut berubah pewarnaannya, silah teman perbaiki dengan memakai Brush Tool (B) dengan Forground Hitam. Sapukan ke tempat yang akan diperbaiki.


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!





23. Membuat Seleksi dengan Tepi yang Halus

Normalnya, kalau teman menciptakan seleksi, tepi area seleksi tersebut terlihat tegas atau terperinci perbedaannya dengan area yang tidak diseleksi.

Hal ini akan terlihat apabila teman menghapus area seleksi tersebut ataupun menunjukkan warna.

Lakukan cara ini sehabis teman berhasil menciptakan seleksi. Klik menu Select > Modify > Feather (Alt + CTRL + D). Atau sanggup dengan cara klik kanan pada area seleksi kemudian pilih Feather.

Masukan nilai yang diinginkan pada Fetaher Selection Box dengan angka 2. Sesuaikan dengan kebutuhan, semakin besar nilainya maka akan semakin halus.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



24. Cara Menampilkan Lembar Kerja Tersusun Rapi Bersampingan

Pada Photoshop CS3, kalau teman memasukan gambar yang akan dikerjakan dengan jumlah yang banyak maka file gambar tersbut akan bertumpuk-tumpuk. Akan sangat menyulitkan kalau kita harus menggeser satu persatu file tersebut untuk mendapat file gambar yang akan kita kerjakan pertam kali.

Gunakan cara ini biar Lembar Kerja Tersusun Rapi Bersampingan. Klik sajian Window > Arrange > Tile Horizontally/Vertically.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui



25. Menghapus Noda dan Jerawat Pada Wajah

Dalam dunia fotografi atau dunia percetakan, cara ini memang sangat pentin guntuk dikuasai. Cara ini bahwasanya masih tergolong kedalam cara menghaluskan wajah, lebih detailnya sanggup sobat baca disni.....

Jika teman akan mencetak pas foto ataupun foto untuk keperluan lain. Memperbaiki tampilan pada wajah yaitu dengan menghapus noda ataupun infeksi sebaiknya teman lakukan terlebih dahulu. Cara lengkapnya sudah saya berikan linknya diatas.

Namun, untuk cara mudahnya silahkan teman gunakan Spot Healing Brush Tool (J). Tekan Alt kemudian klik pada bab wajah yang mulus. Lepas Alt, kemudian klik pada area wajah yang bernoda dan berjerawat.


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!





26. Menghapus Kantong Mata pada Foto

Selain menghapus noda dan jerawat, menghapus kantong mata pada foto juga penting untuk dilakukan biar hasil gambar menjadi lebih baik.

Pertama Pilih Clone Stamp Tool (S). Atur Diameter dan Hardness Brush sebesar 30px dan 30%. Blending Modenya ubah menjadi Lighten dan Opacity 40%.

Kedua Tekan Alt lalu klik pada area dibawah kantong mata untuk mengambil sampelnya.

Ketiga Klik dan sapukan Brush di bawah mata untuk menghilangkan tampilan kantong mata. Tanda crosshair akan mengikuti ketika teman menyapu area kantong mata, alasannya ialah opsi Aligned diaktifkan



27. Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat

Trik kilan kali ini masih perihal cara perihal permak foto atau Retouch wajah. Memutihkan gigi juga menjadi bab penting dalam Retouch wajah. Ada cara yang simpel dan cepat dalam memutihkan gigi di Photoshop, berikut caranya.

Pertama Seleksi terlebih dahulu area gigi yang akan diputihkan. Untuk mendapat hasil seleksi dengan tepi yang halus sanggup teman baca kembali caranya diatas.

Kedua  Klik Create a new fill or adjustments > Levels.

Ketiga Silahkan teman geser Slider yang di tengah kearah kiri atau menggeser Slider Output Levels ke arah kanan untuk memutihkan giginya. Jika ada area yang ikut berubah silahakan teman perbaiki dengan menggunaan Brush Tool (B).


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!







28. Mengedit Foto Bernuansa Retro dengan Mudah

Selain Efek Lomo, imbas Retro juga menjadi imbas yang sering orang pakai pada editan fotonya. Pada sebagian orang, memakai imbas Retro pada foto akan memberian kepuasan tersendiri. Karena dengan imbas ini, foto akan terlihat menjadi klasik. Lihat cara membuatnya dibawah.

Pada gambar yang akan dibentuk imbas Retro, klik Create a new fill or adjustments > Solid Color. Pilih warna R : 15 G : 73 B : 239, kemudian klik ok.

Ubah blending mode menjadi Exclusion dan turunkan Opacity menjadi 25%.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui






29. Menggabungkan Layer ( Merge Layer ) Menjadi Layer Baru

Seperti yang sudah saya ceritakan di awal. Kadang tanpa kita sadari layer yang sudah kita buat pada ketika mengedit foto sudah mencapai puluhan. Mungkin teman ingin menggabungkan (Merge) seluruh layer tersebut tanpa mengubah struktur layer yang sudah ada. Atau layer aslinya tetap utuh.

Jika teman mencari menunya di Phtoshop, cara ini tidak ada. Namun ada Hotkey yang sanggup teman gunakan. Yaitu dengan menekan CTR + SHIFT +Alt + E


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui


30. Cara Membuat Tulisan Rata Kanan Kiri

Pada ketika teman menuliskan teks di Photoshop, teradang ada situasi dimana teman harus menuliskannya dalam format rata kanan dan kiri. Jika teman melihat pada Options Bar, opsi untuk mengatur teks menjadi rata kanan dan kiri tidak ada di sana.

Namun teman tidak perlu kawatir, alasannya ialah bahwasanya Photoshop mempunyai pengaturan untuk menciptakan goresan pena menjadi rata kanan dan kiri.

Untuk menciptakan goresan pena rata kanan dan kiri di Photohsop, silahkan teman pilih Teks Tool (T) terlebih dahulu. 

Kemudian buatlah area untuk menuliskan teks tersebut dengan cara klik tahan dan drag. Lalu tulislah teks yang akan dipakai pada area tersebut.

Pada langkah ini goresan pena masih rata kiri. Untuk menciptakan rata kanan dan kiri silahkan teman klik sajian Window > Paragraph.

Kemudian akan muncul Paragraph Box. Disitu teman sanggup mengatur goresan pena dengan format rata kanan dan kiri ataupun format lainnya.


 Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui 30+ Trik Kilat dan Rahasia Photoshop yang Wajib Kamu Ketahui




31. Cara Cepat Menyeleksi Foto dengan Rambut Terurai

Di awal postingan ini tadi saya menunjukkan iming-iming bagaimana cara menyeleksi rambut terurai dengan cepat. Pada postingan yang lain saya pernah diprotes bahwa sampel yang dipakai terlalu  mudah.

Saya sarankan buat sobat, kalau mengikuti tutorial jangan terlalu berpatokan pada sampel yang dicontohkan. Tetapi lihatlah caranya.

Terkadang orang menunjukkan teladan pada sampel yang simpel biar lebih cepat dan simpel memahami tutorial yang disampaikan.

Untuk sampel yang dipakai sendiri teman sanggup memakai sampel yang ingin teman gunakan. Cobalah bereksperimen dengan tutorial yang diberikan.

Selain itu, memakai sampel yang simpel juga bertujuan biar pembaca yang masih pemula juga sanggup mengikuti tutorialnya dengan mudah.

Berikut ini saya bagikan trik cepat menyeleksi foto (mengganti background) dengan memakai dua sampel. Yang pertama tergolong mudah, dan yang kedua agak sulit.

Berikut Cara Cepat Menyeleksi Foto dengan Rambut Terurai :

Pertama Pada gambar yang akan dikerjakan, klik sajian Filter > Extract.

Kedua Gunakan Edge Highlighter Tool untuk menciptakan area seleksi pada rambut.

Ketiga Klik Fill Tool kemudian klik pada area yang tidak akan dihapus gambar backgroudnnya, kemudian klik ok.

Keempat Terakhir tinggal teman rapikan tempat yang dirasa masih kurang baik atau masih tersisa objek backgroundnya dengan memakai Eraser Tool (E)


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorialnya dibawah!




Semua trik yang saya sampaikan diatas hampir 90% setiap hari saya gunakan untuk keperluan edit foto. Setiap hari, bermacam-macam orang tiba kepada saya dengan membawakan foto untuk dicetak.

Seperti yang teman ketahui, kalau kualitas gambar yang didapat dari kamera ponsel kualitasnya sangat terbatas. Apalagi kalau masih menggunaan kamera VGA (disini masih rata-rata memakai kamera VGA. Karena saya hidup di desa).

Dengan tuntutan untuk mengerjakan banyak sekali macam foto dengan kualitas bermacam-macam dalam waktu yang singkat. Saya membutuhkan cara-cara yang cepat untuk sanggup mengelola foto yang dibawa oleh customer.

Dan sebagian besar langkah-langkah yang sering saya gunakan tersebut sudah saya share dalam postingan ini. Saya sertakan gambar, animasi dan video pada artikel ini biar semakin simpel dipahami. Semoga sanggup bermafaat untuk teman semua. Jangan lupa sapa saya di kolom komentar, terimakasih.


Sumber https://belajar-dotcom.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel