Indikator Apa Yang Paling Akurat?

     Saat kita membuka chart maka kita akan melihat pergerakan market bullish (naik) atau bearish (turun) atau sideways (rata). Memang, pergerakan market sesungguhnya hanya dua arah yaitu naik atau turun. Tetapi, walaupun hanya dua arah, ternyata tidak semudah yang kita pekirakan. Sehingga para andal trading baik yang bergerak dalam bidang saham maupun mata uang membuat suatu alat atau sesuatu yang sanggup dipakai untuk membaca pergerakan arah market. Kita mengenalnya dengan sebutan indikator.
Secara umum, indikator merupakan piranti yang terdapat pada MT4 sedemikian rupa sehingga sanggup membantu para trader memilih arah trend. Dalam hal ini ada beberapa trader yang tidak menggunakan indikator baik indikator default (MA, Stochastic, MACD, RSI, dan lain-lain) maupun indikator custom. Apakah mereka sanggup dikatakan menggunakan indikator? Walupun mereka tidak menggunakan indikator bawaan MT4 ataupun indikator custom dari luar, tetapi mereka menggunakan pattern tertentu untuk mendeteksi pergerakan arah trend. Hal itu juga sanggup dikatakan menggunakan indikator. Ada banyak indikator ..... kemudian indikator apakah yang paling akurat?

     Jawabannya ialah tidak ada indikator yang paling akurat yang sanggup membaca arah musim secara tepat. Mengapa demikian? Karena, indikator tersebut merupakan alat bantu yang sanggup membantu trader dalam membaca arah trend. Indikator tersebut bekerja sesuai dengan situasi kondisi tertentu. Misalnya, dalam penggunaan stochastic, atau RSI atau indikator yang bersifat oscilator, maka secara teori jikalau indikator tersebut berada pada area oversold maka ada indikasi harga akan naik. Demikian pula jikalau harga berada pada area overbouht ada indikasi harga akan turun. Namun, tidak semua teori itu benar dan justru sering menjerumuskan para trader sehingga malah floating atau bahkan MC. Demikian pula pada indikator lainnya, silakan Anda coba niscaya tidak ada yang akurat membaca trend.
     Lalu, perlukah kita menggunakan indikator? Indikator itu perlu, sekalipun kita mengandalkan trendline ataupun pattern, sebab baik pattern maupun trendline juga termasuk indikator walaupun tidak perlu disetting. Indikator diharapkan sebab pergerakan market sedemikian rupa sehingga kita perlu mengambil kesimpulan untuk entri dengan benar, apakah buy atau sell. Ternyata indikator yang paling akurat ialah pengendalian diri. Atinya, apapun taktik yang kita gunakan, apapun indikator yang kita gunakan, kita wajib mengendalikan diri. Kita dilarang serampangan masuk pasar tanpa perlu menganalisa pasar. Sebagus apapun taktik yang kita gunakan, kita harus membarengi semua itu dengan pengendalian diri dan kesabaran yang tinggi. Banyak trader yang mempunyai teknik trading yang tinggi tetapi tidak disertai dengan kesabaran dan pengendalian diri yang baik justru terkena floating atau bahkan MC. Pernahkah kita mencicipi hal itu?
      Oleh sebab itu, indikator yang paling akurat ialah kesabaran dan pengendalian diri. Karena, secara umum, psikologi trading 80% yang menyebabkan kesuksesan atau kegagalan dalam bertrading. Sedangkan 20% ialah faktor teknis baik dalam penguasaan pengoperasian MT4 maupun pemahaman dalam menggunakan suatu indikator atau taktik tertentu.

Oke, biar pembahasan kali ini sanggup bermanfaat dan biar sukses selalu.
     

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel