Cara Menggendong Bayi Yang Benar Sesuai Usia

Orang renta sering merasa khawatir ketika ingin menggendong bayi? Santai. Dengan tutorial yang benar, menggendong bayi bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan lho.

Menggendong bayi merupakan hal yang sering dilakukan oleh orang tua, bahkan hampir setiap hari. Selain membantu menenangkan Si Kecil, aktivitas ini juga sanggup menciptakan orang renta dengan bayinya semakin dekat. Menggendong bayi juga memberi manfaat kesehatan untuk Si Kecil, khususnya untuk bayi yang terlahir prematur. Namun, menggendong bay jugai dilarang dilakukan sembarangan, semoga tidak mengganggu struktur dan fungsi tubuhnya.

Hal yang harus Perlu Diperhatikan

Sebelum mulai menggendong bayi, ada beberapa hal yang harus di perhatikan orang tua, yaitu basuh tangan dengan sabun terlebih dahulu. Hal ini bermanfaat untuk mencegah bayi terjangkit basil yang menyebabkan penyakit.

Berikutnya, pastikan juga Anda menemukan posisi menggendong yang nyaman dan kondusif untuk si kecil. Selain itu, jangan menggendong bayi dalam keadaan tubuh yang tidak baik.

Cara menggendong bayi


Bayi 0 hingga 2 bulan

Bayi berusia 0-2 bulan belum bisa menopang kepalanya sendiri. Karena hal itu maka sangat penting untuk selalu menopang kepala dan leher ketika meggendong si bayi. Pertama-tama, bungkukkan tubuh dan selipkan satu tangan di antara leher dan kepala bayi, kemudian letakkan tangan yang lain untuk menopang punggung serta bokongnya.

Berikutnya, angkat dan letakkan si kecil di dada, kemudian ubah posisi menggendong secara pelan-pelan. Caranya topang belahan punggung, leher dan kepala bayi dengan satu lengan dan letakkan tangan lainnya untuk menopang kepala Si bayi.

Orang renta bisa juga menggendong si kecil dengan posisi tegak. Caranya dengan mengangkat tubuh bayi secara perlahan, kemudian letakkan pada pundak dengan posisi tengkurap. Selanjutnya, gunakan satu tangan untuk menopang kepala dan tangan yang lain untuk menopang tubuh bayi belahan bawah.

Bayi 3 hingga 4 bulan

Saat usia 3-4 bulan, si kecil sudah mulai bisa mengangkat kepalanya. Para Orang renta juga bisa mencoba menggendong bayi dengan posisi duduk menghadap ke depan, namun tetap bantu jaga posisi kepala Si bayi dengan tangan.

Bayi 5 hingga 6 bulan

Si Bayi sudah mulai bisa untuk menopang kepalanya sendiri pada usia 5-6 bulan. Orang renta bisa menggendong dengan posisi duduk menghadap ke depan. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu menggendong dengan posisi menyandarkan tubuh bayi ke bahu. Hal ini bermanfaat untuk merangsang Si Kecil semoga semakin berpengaruh mengangkat kepalanya.

Pada usia ini, Orang renta sudah mulai bisa menggunakan gendongan bayi (baby carrier). Cara lain yang bisa dipakai yaitu menggendong si kecil dengan posisi kaki si kecil tersbut melingkar di pinggang orang tuanya, topang dengan satu tangan. Meski si bayi tersebut sudah mulai bisa menopang kepalanya, namun disarankan untuk tetap jaga posisi kepalanya.

Bayi 7 bulan ke atas

Bayi  yang  sudah berusia 7 bulan ke atas biasanya sudah bisa untuk mengangkat pundak dan kepalanya. Di usia ini, bayi juga sudah bisa menahan kakinya ketika digendong dengan tubuh yang tegak.

Bila masih ragu, Anda bisa berkonsultasi ke dokter wacana cara yang benar untuk menggendong si bayi, sesuai dengan usia dan kondisi bayinya.

Untuk bayi yang terlahir prematur, Anda sanggup menggunakan metode perawatan kanguru atau KMC (kangaroo mother care). Caranya yaitu membaringkan bayi di atas dada Anda, sehabis itu selimuti tubuh mungilnya. pada ketika menggunakan perawatan kanguru, bayi hanya menggunakan popok dan epilog kepala.

Bagi beberapa orang tua, menggendong bayi pada awalnya yaitu hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan dengan hati-hati serta dibiasakan, menggendong bayi gotong royong sangatlah gampang dan bernar-benar menyenangkan.
Sumber https://wikiwira.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel