Benarkah Robot Akan Menggantikan Pekerjaan Insan Di Abad Depan?



Halo sahabat jalanucul, menyerupai biasa, pada artikel kali ini mimin akan membahas artikel wacana Robot yang akan menggantikan Manusia Dimasa Yang akan datang. Perkembangan tehnologi yang semakin maju hampir menciptakan sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin, salah satunya yaitu robot, percaya atau tidak percaya,  Robot Mesin pada suatu hari nanti akan sanggup melaksanakan kiprah manusia. Peluang mesin untuk bisa mengambil alih semua pekerjaan insan dalam waktu 120 tahun tercatat sebesar 50%.

Dunia secara luas sedang berada dalam puncak dari revolusi industri keempat, dengan mesin - mesin yang akan bersaing mengerjakan banyak kiprah yang ketika ini dikerjakan oleh manusia, dan barangkali mesin justru lebih baik melakukannya.

Dengan Revolusi pada masa yang akan tiba bukan mustahil robot akan bisa melaksanakan pekerjaan insan dengan lebih cepat, sehingga akan berdampak pada layanan yang lebih murah dan muncullah pertanyaan pertanyaan untuk kita semua: kapan mesin sanggup mengerjakan pekerjaan saya dan bahkan bisa menggantikan pekerjaan saya?

Tidak ada tanggapan yang niscaya namun para peneliti utama dalam bidang kecerdasan buatan atau AI mencoba mencari tahu. Katja Grace seorang peneliti di Lembaga Masa Depan Kemanusiaan di Universitas Oxford, Inggris bersama rekan - rekannya di proyek yang diberi nama AI Impacts (atau Dampak AI) melaksanakan penelitian bersama Lembaga Penelitian Mesin Cerdas.

Mereka Menyurvei 352 ilmuwan dan menghimpun jawabannya untuk memprediksi berapa usang waktunya bagi mesin untuk bisa mengungguli insan dalam melaksanakan bermacam-macam tugas. Sejumlah andal terkemuka di dunia dalam bidang mesin yang bisa berguru termasuk yang mereka hubungi, antara lain Yann LeCun Direktur Riset AI di Facebook Mustafa Suleyman from di perusahaan AI milik Google dan Zoubin Ghahramani, Direktur laboratorium AI di Uber.

Kabar  baiknya yaitu banyak dari kita yang mungkin akan tetap kondusif untuk bekerja dalam beberapa waktu mendatang. Para peneliti memperkirakan peluangnya yaitu sebesar 50% saja bagi mesin untuk bisa mengambil alih semua pekerjaan insan dalam kurun waktu 120 tahun.

"Salah satu kejutan besar yaitu prediksi yang lambat secara menyeluruh," ujar Grace.
Tugas sangat rumit bagi sebuah mesin "Saya berharap bahwa dengan proses yang menakjubkan dari mesin yang bisa berguru dalam beberapa waktu belakangan, ditambah lagi dengan fakta bahwa kami hanya berbicara dengan para andal untuk mesin yang bisa berguru itu, maka perkirakan yang dibentuk akan lebih awal."

Berikut dari survei yang dilakukan, mesin bisa melipat baju yang gres dicuci pada tahun 2021. Mesin yang bisa melipat baju tolong-menolong sudah ada sebab para andal robot di Universitas California, Berkeley, AS, menyebarkan sebuah robot yang dengan rapi bisa melipat jin dan kaos oblong.

Robot itu memerlukan waktu lebih kurang 19 menit untuk mengambil, memeriksa, dan melipat satu handuk pada tahun 2010. Namun dua tahun kemudian, robot itu bisa melipat satu jin dalam waktu lima menit dan satu oblong dalam waktu enam menit lebih. Yang lebih mengesankan yaitu robot bahkan bisa memasangkan kaus kaki dengan benar.

Namun terlepas dari kemajuan ini, dibutuhkan beberapa waktu lagi sebelum robot bisa menggantikan insan dalam pekerjaan di bidang itu. "Saya agak ragu dengan beberapa kerangka waktu yang diberikan untuk kiprah yang melibatkan manipulasi fisik," tandas Jeremy Wyatt, guru besar robotik dan kecerdasan buatan di Universitas Birmingham.

"Satu hal yaitu melakukannya di laboratorium dan hal yang berbeda bagi robot untuk bisa melaksanakan pekerjaan yang bisa diandalkan di dunia positif lebih baik dari manusia." Melakukan pekerjaan fisik atas objek - objek di dunia positif mengetahui apa yang harus di lakukan dan bagaimana melakukannya dalam lingkungan yang berubah dan acak merupakan kiprah yang sangat rumit bagi sebuah mesin. Pekerjaan yang tidak melibatkan manipulasi fisik akan lebih gampang diajarkan. Nah kita sebagai manusia ada baiknya berfikir untuk menyebarkan skill apa yang tidak akan bisa digantikan oleh robot bahkan secanggih apapun robot itu, hehe

Sekian artikel dari mimin wacana Robot yang akan menggantikan kiprah insan di masa yang akan datang, agar bermanfaat dan terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel