Daftar Perintah Cmd Penting Diketahui Setiap Pengguna Windows

Microsoft telah perlahan tetapi niscaya mendorong baris perintah ke samping di antarmuka Windows. Ini bukan tanpa alasan; itu yaitu alat kuno dan sebagian besar tidak dibutuhkan dari masa input berbasis teks. Tetapi banyak perintah tetap berguna, dan Windows 8 dan 10 bahkan menambahkan fitur baru. 
 
Di sini kami menyajikan perintah penting yang harus diketahui setiap pengguna Windows.

Jika Anda tidak yakin cara mengakses command prompt Windows, lupa perintah dasar Windows, atau ingin tahu cara melihat daftar switch untuk setiap perintah (alias kode prompt), Anda bisa merujuk ke panduan pemula kami ke Baris perintah Windows untuk instruksi.

Assoc 
Sebagian besar file di Windows terkait dengan jadwal tertentu yang ditugaskan untuk membuka file secara default. Kadang-kadang, mengingat asosiasi-asosiasi ini sanggup menjadi membingungkan. Anda sanggup mengingatkan diri Anda dengan memasukkan perintah "assoc" untuk menampilkan daftar lengkap ekstensi nama file dan asosiasi program.

Anda juga sanggup memperpanjang perintah untuk mengubah asosiasi file. Misalnya, "assoc. Txt =" akan mengubah asosiasi file untuk file teks ke jadwal apa pun yang Anda masukkan sehabis tanda sama dengan. Perintah "Assoc" sendiri akan mengungkapkan nama ekstensi dan nama program, yang akan membantu Anda memakai perintah ini dengan benar. Anda mungkin sanggup melakukannya dengan lebih gampang di GUI, tetapi antarmuka baris perintah merupakan alternatif fungsional yang sempurna.

Cipher 
Menghapus file pada hard drive mekanis tidak benar-benar menghapusnya sama sekali. Sebaliknya, itu menandai file-file sebagai tidak lagi sanggup diakses dan ruang yang mereka ambil sebagai gratis. File tetap sanggup dipulihkan hingga sistem menimpa mereka dengan data baru, yang sanggup memakan waktu lama.

Perintah cipher, bagaimanapun, menghapus direktori dengan menulis data acak untuk itu. Untuk menghapus drive C Anda, misalnya, Anda akan memakai perintah "cipher / w: c", yang akan menghapus ruang kosong pada drive. Perintah tidak menimpa data yang tidak dihapus, sehingga Anda tidak akan menghapus file yang Anda perlukan dengan menjalankan perintah ini.

Anda sanggup memakai host perintah cipher lainnya, namun, mereka umumnya redundan dengan versi Windows yang didukung BitLocker.

Driverquery
Driver tetap di antara perangkat lunak paling penting yang diinstal pada PC. Driverquery yang tidak dikonfigurasi atau hilang sanggup mengakibatkan banyak sekali masalah, jadi ada baiknya untuk mempunyai saluran ke daftar apa yang ada di PC Anda. Itu persis menyerupai yang dilakukan perintah "driverquery". Anda sanggup memperpanjangnya ke "driverquery -v" untuk memperoleh info lebih lanjut, termasuk direktori kawasan driver diinstal.

File Compare
Anda sanggup memakai perintah ini untuk mengidentifikasi perbedaan teks antara dua file. Ini sangat mempunyai kegunaan bagi para penulis dan pemrogram yang mencoba menemukan perubahan kecil antara dua versi file. Cukup ketik "fc" dan lalu jalur direktori dan nama file dari dua file yang ingin Anda bandingkan.

Anda juga sanggup memperpanjang perintah dengan beberapa cara. Mengetik "/ b" hanya membandingkan keluaran biner, "/ c" mengabaikan masalah teks dalam perbandingan, dan "/ l" hanya membandingkan teks ASCII.

Ipconfig 
Perintah ini me-relay alamat IP yang dipakai komputer Anda ketika ini. Namun, jikalau Anda berada di belakang router (seperti kebanyakan komputer ketika ini), Anda malah akan mendapatkan alamat jaringan router lokal.

Namun, ipconfig mempunyai kegunaan alasannya yaitu ekstensi-nya. "Ipconfig / release" diikuti dengan "ipconfig / renew" sanggup memaksa PC Windows Anda untuk meminta alamat IP baru, yang mempunyai kegunaan jikalau komputer Anda mengklaim bahwa salah satu tidak tersedia. Anda juga sanggup memakai "ipconfig / flushdns" untuk menyegarkan alamat DNS Anda. Perintah-perintah ini sangat manis jikalau pemecah duduk kasus jaringan Windows tersedak, yang kadang kala terjadi.

Netstat 
Memasukkan perintah "netstat -an" akan memberi Anda daftar port yang ketika ini terbuka dan alamat IP terkait. Perintah ini juga akan memberi tahu Anda apa yang menyatakan port dalam - mendengarkan, mapan atau tertutup.

Ini yaitu perintah yang manis untuk ketika Anda mencoba memecahkan duduk kasus perangkat yang terhubung ke PC Anda atau ketika Anda takut Trojan menginfeksi sistem Anda dan Anda mencoba mencari koneksi berbahaya.

Ping 
Kadang-kadang, Anda perlu tahu apakah paket-paket tersebut membuatnya ke perangkat jaringan tertentu. Di situlah ping berguna.
Mengetik "ping" diikuti dengan alamat IP atau domain web akan mengirim serangkaian paket pengujian ke alamat yang ditentukan. Jika mereka datang dan kembali, Anda tahu perangkat ini bisa berkomunikasi dengan PC Anda; jikalau gagal, Anda tahu bahwa ada sesuatu yang memblokir komunikasi antara perangkat dan komputer Anda. Ini sanggup membantu Anda memutuskan apakah akar masalahnya yaitu konfigurasi yang tidak tepat atau kegagalan perangkat keras jaringan.

PathPing 
Ini yaitu versi ping yang lebih canggih yang mempunyai kegunaan jikalau ada beberapa router antara PC Anda dan perangkat yang Anda uji. Seperti ping, Anda memakai perintah ini dengan mengetik "pathping" diikuti oleh alamat IP, tetapi tidak menyerupai ping, pathping juga memberikan beberapa info wacana rute yang diambil paket pengujian.

Tracert 
Perintah "tracert" menyerupai dengan pathping. Sekali lagi, ketik "tracert" diikuti oleh alamat IP atau domain yang ingin Anda lacak. Anda akan mendapatkan info wacana setiap langkah dalam rute antara PC Anda dan target. Namun, tidak menyerupai pathping, tracert juga melacak berapa banyak waktu (dalam milidetik) setiap lompatan antara server atau perangkat yang diperlukan.

Powercfg
Powercfg yaitu perintah yang sangat berpengaruh untuk mengelola dan melacak bagaimana komputer Anda memakai energi. Anda sanggup memakai perintah “powercfg hibernate on” dan “powercfg hibernate off” untuk mengatur hibernasi, dan Anda juga sanggup memakai perintah “powercfg / a” untuk melihat status ekonomis daya yang ketika ini tersedia di PC Anda.

Perintah lain yang mempunyai kegunaan yaitu "powercfg / devicequery s1_supported", yang menampilkan daftar perangkat di komputer Anda yang mendukung siaga yang terhubung. Saat diaktifkan, Anda sanggup memakai perangkat ini untuk membawa komputer Anda dari siaga - bahkan dari jarak jauh. Anda sanggup mengaktifkan ini dengan menentukan perangkat di Device Manager, membuka propertinya, pergi ke tab Manajemen Daya dan lalu centang kotak Izinkan perangkat ini untuk membangunkan komputer.

"Powercfg / lastwake" akan memperlihatkan kepada Anda perangkat apa yang terakhir membangunkan PC Anda dari kondisi tidur. Anda sanggup memakai perintah ini untuk memecahkan duduk kasus PC Anda jikalau sepertinya bangkit dari tidur secara acak.

Anda sanggup memakai perintah “powercfg / energy” untuk menciptakan laporan konsumsi daya terang untuk PC Anda. Laporan disimpan ke direktori yang ditunjukkan sehabis perintah selesai. Laporan ini akan memberi tahu Anda wacana kesalahan sistem apa pun yang sanggup meningkatkan konsumsi daya, menyerupai perangkat yang memblokir mode tidur tertentu, atau tidak dikonfigurasi dengan baik untuk merespons pengaturan administrasi daya Anda.

Windows 8 menambahkan "powercfg / batteryreport", yang menyediakan analisis rinci penggunaan baterai, jikalau ada. Biasanya output ke direktori pengguna Windows Anda, laporan ini memperlihatkan rincian wacana waktu dan panjang siklus pengisian dan pengosongan, masa pakai baterai rata-rata seumur hidup, dan kapasitas baterai yang diperkirakan.

Shutdown
Windows 8 memperkenalkan perintah shutdown yang — Anda sanggup menebaknya! —Menghentikan komputer Anda.

Hal ini, tentu saja, berlebihan dengan tombol shutdown yang sudah gampang diakses, tetapi apa yang tidak berlebihan yaitu perintah "shutdown / r / o", yang me-restart PC Anda dan meluncurkan hidangan Advanced Start Options, yang mana Anda sanggup mengakses Safe Mode dan utilitas pemulihan Windows. Ini mempunyai kegunaan jikalau Anda ingin me-restart komputer Anda untuk tujuan pemecahan masalah.

Systeminfo
Perintah ini akan memberi Anda citra konfigurasi terang komputer Anda. Daftar ini meliputi sistem operasi dan perangkat keras Anda. Misalnya, Anda sanggup mencari tanggal penginstalan Windows asli, waktu boot terakhir, versi BIOS Anda, memori total dan tersedia, hotfix yang diinstal, konfigurasi kartu jaringan, dan banyak lagi.

Gunakan "systeminfo / s" diikuti oleh nama host komputer di jaringan lokal Anda, untuk mengambil info dari jarak jauh untuk sistem itu. Ini mungkin memerlukan elemen sintaks komplemen untuk domain, nama pengguna, dan kata sandi, menyerupai ini: "systeminfo / s [host_name] / u [domain] \ [user_name] / p [user_password]"

System File Checker 
Pemeriksa Berkas Sistem yaitu alat pemindaian dan perbaikan otomatis yang berfokus pada file sistem Windows.

Anda perlu menjalankan command prompt dengan hak direktur dan memasukkan perintah "sfc / scannow". Jika SFC menemukan file yang korup atau hilang, maka secara otomatis akan menggantikannya memakai salinan cache yang disimpan oleh Windows untuk tujuan ini saja. Perintah sanggup membutuhkan setengah jam untuk dijalankan pada notebook lama.

Tasklist
Anda sanggup memakai perintah "tasklist" untuk memperlihatkan daftar semua kiprah yang berjalan pada PC Anda ketika ini. Meskipun agak berlebihan dengan Task Manager, perintah terkadang sanggup menemukan kiprah tersembunyi dari tampilan di utilitas itu.

Ada juga banyak sekali pengubah. "Tasklist -svc" memperlihatkan layanan yang terkait dengan setiap tugas, gunakan "tasklist -v" untuk memperoleh detail lebih lanjut pada setiap tugas, dan "tasklist -m" akan mencari file .dll yang terkait dengan kiprah aktif. Perintah-perintah ini mempunyai kegunaan untuk pemecahan duduk kasus lanjut.

Taskkill 
Tugas yang muncul dalam perintah "tasklist" akan mempunyai ID proses dan sanksi (nomor empat atau lima digit) yang terkait dengannya. Anda sanggup memaksa menghentikan jadwal memakai "taskkill -im" diikuti oleh nama executable, atau "taskkill -pid" diikuti oleh ID proses. Sekali lagi, ini sedikit berlebihan dengan Task Manager, tetapi Anda sanggup menggunakannya untuk membunuh jadwal yang tidak responsif atau tersembunyi.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel