Cara Mengembalikan Imei Alasannya Hilang Pada Android

Cara Mengembalikan IMEI Karena Hilang Pada Android - Apakah Ada yang pernah mengalami kehilangan IMEI? Biasanya duduk kasus ini terjadi dikala kita selesai melaksanakan Flash, Hard Reset atau Factory Reset dan Root pada Android.
Akibat jelek dari kehilangan IMEI ialah smartphone/ponsel anda tidak mendapat sinyal alias sinyal SOS, jadi Anda tidak sanggup lagi internetan atau bahkan sekedar mengirim sms atau memakai telephone. Tentunya hal itu sangat mengganggu bukan?

IMEI tersusun atas nomor-nomor kombinasi yang unik, jadi IMEI antara smartphone satu dengan yang lain tidak akan sama.

IMEI yang tidak valid ialah duduk kasus umum yang seringkali dihadapi oleh sebagian besar perangkat MediaTek termasuk Xiaomi Redmi, Micromax, Oppo, Samsung, Vivo, HTC, Sony, dll. Berikut ialah beberapa cara yang sanggup anda coba untuk mengembalikan nomor IMEI smartphone/ponsel anda yang hilang. Mari eksklusif disimak saja.

Apa Itu IMEI ?

IMEI ialah abreviasi dari International Mobile Equipment Identity dan merupakan nomor unik yang diberikan untuk setiap ponsel, yang biasanya ditemukan di belakang baterai.

Sejak 2004, IMEI tampil dalam format AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Bagian yang berlabel A dan B dikenal sebagai Kode Alokasi Jenis (Type Allocation Code / TAC). Bagian TAC dari IMEI mengidentifikasi produsen dan model perangkat.

Misalnya, instruksi Google Pixel TAC ialah 35-161508, sedangkan iPhone 6s Plus ialah 35-332907. Beberapa model mempunyai beberapa TAC tergantung pada revisi, lokasi manufaktur, dan faktor lainnya – iPhone 5C mempunyai total lima instruksi TAC yang berbeda.

Enam digit C mewakili nomor seri unik perangkat Anda, dan ini ditentukan oleh produsen handset. Bagian D IMEI ialah digit cek yang memastikan IMEI memenuhi Alokasi dan Panduan Persetujuan.

Angka cek ditampilkan pada kemasan untuk mencegah IMEI tidak benar dicatat, namun tidak termasuk bab dari IMEI yang terdokumentasi.

Nomor IMEI dari telepon seluler yang terhubung ke jaringan GSM disimpan dalam database (Register Peralatan EIR – Peralatan) yang berisi semua peralatan telepon selular yang valid.

Bila telepon dilaporkan dicuri atau tidak disetujui, nomor tersebut ditandai tidak sah.

Kumpulan angka pertama ialah instruksi persetujuan jenis (TAC). Dua digit pertama mewakili instruksi negara. Sisanya menciptakan instruksi assembly akhir. Kelompok nomor kedua mengidentifikasi produsen:

01 dan 02 = AEG
07 dan 40 = Motorola
10 dan 20 = Nokia
41 dan 44 = Siemens
51 = Sony, Siemens, Ericsson

Set ketiga ialah nomor seri dan single digit terakhir ialah nomor perhiasan (biasanya 0).

Cara Mengembalikan IMEI Dengan Mencari Nomor IMEI

cara mengembalikan imei pada android
cara mengembalikan nomor imei
Ponsel atau Smartphone yang sudah di Root.

Cari nomor Imei yang tertulis di Perangkat anda (untuk dual sim mempunyai dua IMEI).

1. Bisa ditemukan dengan cara dial/ panggil *#06# atau sanggup diliiat pada kotak (Box) hp waktu anda beli dari toko, sanggup juga diliat di suatu kawasan akrab baterai, Lalu catat.

2. Lalu unduh dan install aplikasi MTK Engineering Mode App (Lebih sering dipakai) atau Mobile Uncle Tools.

3. Setelah selesai di Install Pilih sajian MTK settings.

4. Pada sajian Connectivity pilih CDS Information.

5. Selanjutnya pilih Radio Information
Pada Kotak ada goresan pena AT+, ketik sebelahnya jadi : AT+”EGMR=1,7,” nomor IMEI yang anda catat”.

Contoh AT+EGMR=1,7”5632317733” ,lalu ketuk Send Command kalau benar akan muncul pemberitahuan AT command is sent.

6. Jika ponsel anda dual sim (kartu 2 sim card) Untuk instruksi Command kodenya menyerupai ini AT+EGMR=1,10,”ISI IMEI SIM2 DISINI” Jadinya akan menyerupai ini “. 

AT+EGMR=1,10,”1234567899” Selanjutnya Ketuk SEND AT COMMAND, Jika Anda berhasil maka akan muncul notifikasi AT command is sent.

7. Jika perintah tidak berhasil cukup tambah spasi sesudah AT ie.+EMGR bukan AT +EMGR.

8. Restart Android Anda.

9. Setelah Android Anda menyala kembali, Silahkan cek IMEI Android Anda dengan cara tekan *#06#. Maka IMEI Android Anda akan muncul atau dengan lihat Informasi android Anda pada pengaturan ponsel dengan cara masuk ke Menu Pengaturan>lihat About Ponsel > Info > Selesai.

Cara Mengembalikan IMEI Menggunakan Aplikasi Chamelephon

1. Setelah diunduh dan Install
Buka aplikasinya.

2. Isikan IMEI yang sudah Anda catat sebelumnya ada dua kolom untuk SIM 1 dan SIM 2 tergantung perangkat. Bisa juga mengacak IMEI kau dengan cara ketuk Generate Random IMEIs, Kalau benar akan muncul tanda centang Setelah itu ketuk Aplly New IMEI.

3.Jika ada konfirmasi ketuk Change
Lalu Restart.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan IMEI Anda yang tidak sengaja hilang atau terlupa. Menyimpan atau mengingat IMEI sanggup mempermudah Anda apabila ada insiden jelek menyerupai kehilangan Android atau yang terburuk kalau anda mengalami kejahatan penculikan.

Dengan melacak memakai IMEI akan mempermudah proses pencarian alasannya ialah data yang berada dalam IMEI sangat akurat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel