18 Faktor Utama Penyebab Kegagalan Wirausaha Dalam Berwira Usaha

Artikel ini merupakan rangkaian studi pembelajaran dalam kewirausahaan terkini yang masih berkaitan dengan artikel sebelumnya wacana fakta 14 faktor utama yang paling menentukan keberhasilan wirausaha.Jadi,seakan-akan di sini kita sedang membalik pembahasan terkait 18 Faktor yang mengakibatkan kegagalan wirausaha di dalam berwirausaha..
Artikel ini merupakan rangkaian studi pembelajaran dalam kewirausahaan terkini yang masih  18 Faktor Utama Penyebab Kegagalan Wirausaha Dalam Berwira Usaha

Dalam artikel ini di sebutkan dan di jelaskan apa saja faktor penyebab kegagalan wirausaha secara umum yang paling sering terjadi dalam kewirausahaan atau bisnis..

Oke kita eksklusif memulai dari kenyataan yang terjadi,di mana begitu banyak orang yg menginginkan kesuksesan dalam bisnis atau berwiraswasta,namun hanya sedikit saja yang berhasil.Menurut data dari sebuah studi dan penelitian yang di lakukan oleh Universitas Bisnis Harvad,ternyata di temukan hasil di mana dari 100 % wirausaha yang menjalankan usaha,sebanyak 80 lebih gagal pada tahun pertama,kemudian sisanya gagal lagi sebanyak 80 % lebih pada tahun kedua,kemudian sisanya gagal lagi sebanyak 80 % lebih dan sisanya lagi bertahan hingga 5 tahun,dan terakhir hanya tersisa 1 hingga 2 orang yang melanjutkan perjuangan hingga bermetamorfosis perjuangan besar.

Tingginya angka persentasi kegagalan wirausaha menjalankan bisnis atau perjuangan tersebut bukan hanya sebab faktor terbatasnya modal materi yang di perlukan untuk melanjutkan usaha,namun sebab adanya faktor internal dalam diri para wirausaha itu sendiri.Karena tanpa punya modal pun ada sebagian wirausaha yang bisa bertahan melanjutkan perjuangan hingga alhasil bermetamorfosis perjuangan besar.Dan ada banyak orang yang punya harta dan uang yg cukup dan berlebihan yg tak lagi mempertahankan bisnis,sehingga mereka pantas di sebut wirausaha yg gagal berbisnis.

Oke,sebaiknya kita eksklusif saja menuju ke topik pembahasan 18 Faktor Utama Paling kuat terhadap kegagalan wirausaha dalam bisnis atau usaha.

1.Bisnis Yang Di Jalankan Tidak Cocok Dengan Diri seorang Wirausaha

Banyak orang yg salah kaprah dalam menentukan perjuangan yang di ingin di jalankan tanpa berpikir apakah perjuangan itu bisa membuatnya termotivasi menjalankankan sungguh-sungguh? Masalahnya,jika suatu perjuangan ternyata tidak menciptakan kita termotivasi menjalankannya dengan susungguh-sungguh,sudah tentu perjuangan itu akan kandas tengah jalan.

Sebagus apaun peluang bisnis itu,apabila kita tidak termotivasi menjalankan dengan sungguh-sungguh,maka perjuangan itu tidak menunjukkan hasil yg memuaskan,nah sebab hasilnya tidak memuaskan kita pun akan semakin tidak bersemangat untuk meneruskannya.

Contohnya,Anda sesungguhnya tidak suka bekerja dengan berpergian jauh di luar rumah dan jauh dari keluarga,tetapi Anda memaksakan diri dan nekad mencoba menjalankan bisnis di luar rumah dengan berpergian jauh.Apa yang terjadi? Anda bisa saja akan cepat bosan menjalankan perjuangan itu.

Kesimpulannya
faktor kegagalan bagi seorang wirausaha juga sebab ketidakcocokan jiwa wirausaha tersebut dengan perjuangan yg ia jalankan.

2.Tidak Melakukan Survei Dan Penelitian Terhadap Pasar Terlebih Dulu

Memulai perjuangan secara asal-asalan,atau asal buka biar di lihat orang punya perjuangan bukanlah cara terbaik dan bijak.Dalam hal ini,banyak orang eksklusif tetapkan membuka uasha dengan modal yang banyak tanpa melakukan  survei dan penelitian terlebih dulu,tentang potensi omset penjualan saat perjuangan sudah berjalan.

Sebagai contoh,seorang wirausaha eksklusif memulai perjuangan produksi/pembuatan produk gres yg belum ada di jual orang atau belum ada di pasaran,tetapi sesudah produknya di luncurkan ke pasar,ternyata tidak ada peminatnya.Nah,karena produknya tidak laku,tentu wirausaha tersebut mengalami kerugian dan tetapkan untuk tidak melanjutkan lagi usahanya.

3.Tidak Memiliki Tujuan Atau Target Yang Jelas

Apa dan mengapa banyak wirausaha yang mengalami kegagalan dalam usaha? Itu sebab mereka tidak punya tujuan yang terang atau tidak menentukan tujuan yang fokus di kejar,atau tujuan mereka terus berubah-rubah sehingga tujuan menjadi tidak jelas.

Penjelasannya,
Adalah sangat penting bagi seorang wirausaha menentukan tujuan bisnis dengan jelas,karena tanpa tujaun,sama dengan begerak dan berjalan tanpa arah.Atau sebab perjuangan yang di jalankan tidak punya tujuan yang jelas,maka perjuangan itu hanya bagaikan berputar-putar di tempat.

Dalam arti lain,jika kita tidak punya tujuan perjuangan yang jelas,sama halnya dengan menjalankan perjuangan tanpa arah.

Dalam hal ini,banyak orang menganggap bahwa tujuan perjuangan mereka ialah untuk menghasilkan uang.Kalau hanya untuk tujuan menghasilkan uang saja maka perjuangan itu tidak akan berkembang dan maju-maju,karena bisa saja semua laba perjuangan dalam setiap hari eksklusif di gunakan untuk membeli kesenangan-kesenangan yang tidak menghasilkan uang.Cara yang begini bukan cara untuk menjadi wirausaha yang suksess.

Wirausaha yang di katakan sukses di sini ialah mereka yang berhasil menciptakan perjuangan cepat maju dan berkembang hingga menjadi perjuangan yang besar yang terus meningkat hasiilnya dari tahun ke tahun.

4.Merasa Tidak Yakin Terhadap Keberhasilan Mencapai Tujuan

Ini bisa di katakan sebuah penyakit jiwa yang terbentuk sebab belum pernah mencicipi keberhasilan di dalam usaha.Perasaan menyerupai ini biasanya juga terbentuk sebab merasa proses usahanya memberatkan karean tidak biasa di lakukan,atau sebab kurangnya pengetahuan cara berwirausaha yang sukses.

Ketika seseorang sudah merasa tidak yakin bahwa tujuannya sanggup tercapai,maka hilanglah semangatnya untuk mengelolah perjuangan dan melanjutkan usaha.Dan ini juga yang namakan kegagalan wirausaha sebab faktor internal di dalam diri sendiri.

Dengan kata lain,diri kita sendirilah yang menghambat kita untuk mencapai tujuan bisnis yang di inginkan,di mana tujuan itu mempunyai bisnis yang sukses beromset besar dan mempunyai banyak cabang di mana-mana.

Kesimpulan.
Merasa tidak yakin terhadap keberhasilan ialah salah faktor kegagalan berwirausaha.


5.Tidak Termotimati Atau Tidak Merasa Harus Mencapai Tujuan

Apabila kita telah menentukan tujuan yang jelas,namun kita tidak merasa harus atau tidak merasa tertantang dan termotivasi,maka kita pun tidak berusaha untuk bekerja atau melakuakan sesuatu yang terbaik untuk kemajuan perjuangan kita..

Dalam hal ini,kita hanya punya cita-cita saja untuk mencapai tujuan usaha,tetapi tidak merasa harus mencapai tujuan itu.Inilah sumber atau penyebab kegagalan yang bersarang di dalam diri banyak orang,termasuk wirausaha.

6.Tidak Belajar Melakukan Strategi Yang Baik

Banyak di antara wirausaha yang menjalankan perjuangan tanpa melaksanakan seni administrasi yang baik,atau tidak memperbaiki cara berbisnis usang mereka.

Dalam hal ini,walaupun kita sudah mempunyai tujuan yang jelas,mempunyai keyakinan yg kuat dan merasa harus untuk mencapai tujuan mempunyai perjuangan yg sukses beromset besar,tetapi kalau strateginya masih salah atau tidak tepat,maka tetap saja kita tidak bisa berhasil mencapai tujuan bisnis yang kita impikan.

Artikel ini merupakan rangkaian studi pembelajaran dalam kewirausahaan terkini yang masih  18 Faktor Utama Penyebab Kegagalan Wirausaha Dalam Berwira Usaha



7.Tidak Membuat Atau Memiliki Perencanaan Usaha Yang Masuk Akal

Ini Juga ialah salah satu penyebab kegagalan wirausaha di dalam perjuangan untuk mencapai sasaran omset yg besar.

Penjelasan.
Ketika kita mempunyai atau menentukan tujuan bisnis yang jelas,tampa adanya planning perjuangan yang masuk nalar yang sifatnya realistik,maka kita akan menjadi kesuliatan menjalankan planning tersebut dan akan kesulitan pula untuk mencapai tujuan bisnis yang kita harapkan.

Para andal kewirausahaan sukses mengeluarkan pernyataan,"Tidak menciptakan atau mempunyai planning yang baik,sama halnya dengan merencanakan kegagalan".Atau gagal menciptakan rencana,berarti berencana untuk gagal".

Baca  : Rahasia  Membuat Perencanaan Bisnis Yang Jitu Dan Baik Dalam Kewirausahaan Sukses

8.Tidak Menjalankan Usaha Sesuai Rencana 

Penyebab kegagalan wirausaha salah satunya ialah tidak menjalankan perjuangan sesuai planning yang telah di buat dengan baik itu.Apalah artinya planning perjuangan yang baik dan realistik tetapi tidak pernah di jadikan panduan atau petujuk untuk mencapai kesuksesan.

Menurut sebuah studi penelitian yang di lakukan menemukan bahwa,banyak pemilik bisnis yang gagal sebab saat mereka menjalankan usaha,ternyata tidak berpatokan pada planning perjuangan yang telah mereka buat.Dalam hal ini,banyak pemilik bisnis menciptakan planning perjuangan hanya untuk di gunakan sebagai alat untuk mencari dan mendapat modal perhiasan dari bank atau pun dari para investor mereka.Kemudian sesudah mereka memperoleh modal,rencana perjuangan tidak di gunakan lagi sebagai contoh untuk menjalankan perjuangan hingga berhasil.Akibatnya banyak di antara mereka yang gagal untuk mencapai  keberhasilan dalam usaha,malah mereka hanya terlilit dengan duduk perkara utang.

9.Tidak Fokus Dalam Menjalankan Dan Mengelolah Usaha Agar Mencapai Tujuan

Penyebab kegagalan wirausaha berikut ini juga banyak terjadi di dalam usaha.Dalam hal ini,banyak orang yang menganggap bahwa mereka membuka perjuangan hanya untuk sekedar mengisi waktu luang,atau hanya menjadikan perjuangan mereka sebagiai pekerjaan sampingan.Mau fokus atau tidak dalam menjalankan usaha,mereka tidak mempersoalkannya sebab mereka merasa masih punya sumber penghasilan yg lain selain bisnis.

Mereka-mereka yang gagal berwirausaah sebab hal tersebut,sebenarnya bukan wirausahawan sejati,melaikan hanya wirausaha biasa yg akan gagal.

10.Tidak Mengengelola Keuangan Usaha Dengan Benar

Penyebab kegagalan wirausaha dalam menjalan perjuangan juga sebab tidak adanya administrasi keuangan yg baik di dalam menjalankan usaah.Apalah artinya punya perjuangan yang laku tetapi administrasi keuangannya jelek dan amburadul.

Dalam hal ini,jika kita tidak menciptakan administrasi keuangan yang benar,maka keuangan perjuangan yang kita jalankan tidak terkontrol dengan jelas.Karena administrasi keuangan yg benar merupakan sebuah cara untuk mengetahui keluar masuknya uang di dalam menjalankan usaha.Dan Ini ialah suatu cara bagaimana kita melaksanakan perhitungan untuk mengetahui untung-rugi saat perjuangan itu di jalankan.Dan untuk mengetahui perkembangan modal dan laba yang kita dapatkan dari hasil penjualan.

Banyak wirausaha yang meremehkan pentingnya administrasi modal,sehingga keuangan perjuangan tidak terkontrol oleh mereka yang menyebakan perjuangan mereka hancur sebab tidak tahu kemana laba itu semestinya di gunakan.Bahkan mereka pun tidak tahu bagaimana mengatur uang hasil perjuangan biar perjuangan tetap lancar perputaranya hingga menghasilkan laba yg lebih besar lagi.

Baca : Kiat Cerdas Mengelolah Keuangan Dalam Menajlankan Usaha Yang Sukses

11.Mudah Menyerah Dan Berputus Asa 

Faktor penyebab kegagalan wirausaah  yang satu ini sebab gampang mengalah dan berputus asa saat perjuangan menghadapi kendala dan rintangan,padahal semestinya kendala atau rintangan dalam perjuangan tersebut harus di carikan jalan keluarnya,bukan hanya dengan mengalah dan berputus asa.

Sebagian besar wirausaha yg gagal menjalankan perjuangan sebab faktor ini,merasa bahwa diri mereka seolah-olah tak ampu lagi menghadapi rintangan dan kendala selantunya atau berkepanjangan dalam menghadapi kesulitan.

Baca juga :

12.Terlalu Lambat Melakukan Tindakan

Terlalu lambat melaksanakan tindakan juga merupakan faktor yang menciptakan kegagalan wirausaha.,karena di dalam bisnis juga terdapat banyak orang yang menjalankan perjuangan yang sama,sehingga peluang telah di ambil duluan oleh yang lain.

Akibat sering lambat mengambil tindakan,menjadikan banyak peluang tak sanggup di raih dan di manfaatkan,usaha pun menjadi semakin seret keungannya sebab kurangnya omset penjualan.

Contohnya,jika kita ialah seorang wirausaha yang membuka toko kebutuhan sehari-hari alias sembako,lantas kita berlambat-lambat membuka toko,misalnya terlalu sering membuka toko sesudah 10 pagi.Nah,jika hal itu berlangsung terus menerus atau terlalu sering,maka perjuangan -usaha pesaing-pesaing kita akan semakin besar dan berjaya mengapit perjuangan kita.Karena perjuangan kita hanya begitu-begitu saja,pada alhasil para pelanggan pun pergi meninggalkan kita,atau beralih menjadi pelanggan Toko pesaing.

13.Tidak Memperhatikan Kepuaasn Pelanggan

Tidak memperhatikan kepuasan pelanggan juga sanggup menyebakan kegagalan wirausahasa,karena pelanggan ialah penggalan dari aset usaha.Karena dengan adanya pelangganlah sebuah perjuangan sanggup terus menerus berjalan.

Namun,kalau pelanggan juga hanya sedikit,sementara barang yang kita jual hanya beruapa barang-baarng yang dengan nilai harga yg sangat kecil,sementara biaya oprasi menjalankan perjuangan lebih besar ketimbang laba yang di dapatkan,maka perjuangan kita pun akan segera hancur tanpa adanya tindakan untuk melaksanakan perubahan cara berbisnis kita,yakni dengan melayani kebutuhan dan menajwab keluhan pelanggan.


14.Tidak Memotivasi Diri Sendiri

Tidak memotivasi diri untuk menjalankan perjuangan dengan sungguh-sungguh juga merupakan penyebab kegagalan berwirausaha.

Terkadang kita hanya ingin saja menjadi pengusaha sukses,namun apabila motivasi menjalankan dengan suungguh-sungguh tidak ada pada diri kita,jadinya kita pun akan malas bekerja dengan keras mengelolah perjuangan tersebut biar berhasil.

Baca juga :

15.Tidak Sabar Menunda Kesenangan

Kegagalan berwirausaha untuk mewujudkan perjuangan yang maju dan sukses juga sebab faktor wirausahanya tidak sabar menunda kesenenangan.Maksudnya di sini ialah terlalu menuruti hawa nafsu mengambil dan  memakai uang hasil perjuangan untuk membeli gaya hidup.Misalnya,belum usang memulai usaha,sedikit-sedikit uang hasil perjuangan di ambil untuk makan-makan bersama keluarga di restoran berkelas.Atau sedikit-sedikit mengambil lagi uang hasil perjuangan untuk membeli baju gres yg berharga mahal.

Hal menyerupai itu jikalau di lakukan terus menerus,maka tak terasa modal perjuangan pun ikut terpakai,dan alhasil perjuangan menjadi gulung tikar sebab kekurangan modal.Kita boleh memakai hasil perjuangan tetapi hanya membeli  kebutuhan bersifat mendesak saja.

16.Tidak Jujur Dalam Berbisnis

Wirausaha yang tidak jujur dalam berbisnis bisa mengakibatkan kegagalan dalam berwirausaha,karena tidak adanya kejujuran itu,bisa menimbulkan hilangnya kepercayaan para pelanggan,para mitra,bahkan para investor pun tidak akan mau lagi berinvestasi.Usaha pun mengalami penurunan omset dan tidak ada lagi santunan dukungan dari para kawan serta investor,sehingga perlahan-lahan bisnis akan mati.


17.Lokasi Usaha Tidak Mendukung

Lokasi juga sangat kuat terhadap omset suatu usaha,Sebagai contoh,apabila kita membuka perjuangan toko penjualan pkaian di kawasan yang sepi serta di ujung jalan buntu,mka sangat besar kemungkinan perjuangan kita sepi pengunjung yang membeli di banding perjuangan pesaing kita yang terletak di persimpangan jalan yang ramai.

18.Tidak Kreatif 

Pada umumnya wirausaha yang tidak kreatif cepat mengalami kegagalan dalam berwirausaha.Mengapa? Karena kreatifitas sangat di perlukan untuk menghadapi persaingan dalam usaha.Hal-hal yang memerlukan kreatifitas dalam perjuangan contohnya menyerupai pembuatan produk yang inovatif,pembuatan produk yg mengikuti tren terkini,pembuatan produk yg sesuai dengan selera masyarakat,bahkan hingga pada penataan kawasan perjuangan dan jadwal promosi yg menarik.

Kesimpualannya
Sekalipun kita punya kemampuan modal untuk menadanai orasional dalam menjalan bisnis,tetapi tanpa adanya kreatifitas,maka perjuangan kita sulit untuk berhasil dan alhasil gagal.


Itulah faktor-faktor yang paling berpengaruh  yg mengakibatkan kegagalan banyak wirausaha dalam berwirausaha mencapai keberhasilan membangun bisnis yg sukses dan menguntungkan.

Baca Juga

Sumber https://kunci-sukseszone.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel