Trading Gampang Dengan Accelerator

Satu lagi indikator yang gampang dipakai oleh para trader, baik trader gres maupun trader profesional, yaitu Accelerator. Indikator ini termasuk salah satu indikator Bill Williams yang penggunaannya simpel dan gampang dibaca. Penggunaan indikator ini hanya cukup memperhatikan level nol saja. Artinya, kalau harga melintasi nol dari bawah ke atas maka hal itu sebagai indikasi bullish. Demikian pula kalau harga melintasi nol dari atas ke bawah maka hal itu sebagai indikasi bearish. Oleh alasannya itu, penggunaan indikator Accelerator ini sangat gampang dipakai oleh siapapun. 

Walaupun nama lengkap indikator ini yaitu Accelerator Oscilator tetapi indikator ini tidak berfungsi untuk menawarkan area overbouhgt dan oversold. Justru dengan demikian, indikator ini tidak menciptakan pemakai menjadi terkecoh. Karena, banyak indikator oscilator yang menciptakan si pemakai terkecoh, alasannya dikala harga sudah mencapai oversold atau overbought tetapi harga tidak berbalik arah, justru harga berlanjut. 

Cara memunculkan indikator Accelerator ini yaitu dengan mengeklik icon list indikator yang berbentuk tanda plus hijau terletak di atas chart. Setelah tanda plus hijau tersebut diklik maka akan muncul banyak sekali indikator bawaan MT4. Kemudian pilih “Bill Williams” maka akan muncul beberapa indikator di sana, kemudian pilih “Accelerator Oscilator”.

Jika sudah berhasil maka indikator Accelerator akan muncul menyerupai gambar berikut:

Coba perhatikan gambar tersebut, maka indikator Accelerator belum muncul level nol yang menjadi anutan dalam melaksanakan open posisi. Oleh alasannya itu kita perlu memunculkan level nol, alasannya level tersebut yaitu kuncil dalam penggunaan indikator Accelerator. Caranya yaitu sebagai berikut:
Klik kanan pada area kosong di chart, maka akan muncul kotak obrolan yang bermacam-macam. Kemudian pilih dan klik “Indicators list” menyerupai tampilan gambar berikut:

Maka muncul obrolan indicator window yang di sana terdapat indikator yang sudah terpasang di chart, dalam hal ini yaitu Accelerator, kemudian klik Edit maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Kemudian klik tab “Level”, kemudian pilih “Add”, dan isilah level dengan nilai 0.0 (biasanya sudah otomatis tertulis level 0.0), kemudian klik “OK”. 

Jika sudah berhasil maka akan muncul tampilan Accelerator dengan level nol sudah muncul. Lihat tanda panah merah yang ditunjukkan pada gambar berikut:

Maka lengkaplah tampilan dari indikator Accelerator Oscilator dengan komponen sebagai berikut:
  1. Bar warna hijau dan merah
  2. Garis level nol

Walaupun di sana terdapat kafetaria warna hijau dan merah, kita harus tetap fokus pada garis level nol. Lintasan harga yang melewati level nol itulah yang menjadi  anutan dalam entry posisi.

Lalu, bagaimana cara memakai indikator Accelerator dalam bertrading forex?
Perhatikan gambar berikut:
Open Posisi Buy atau Sell
ENTRY BUY
  • Perhatikan pergerakan harga dikala mendekati garis level nol
  • Jika kafetaria berwarna hijau dan melintasi garis nol dari bawah ke atas maka hal itu sebagai indikasi harga bullish. 
  • Open posisi (BUY) dikala kafetaria pertama sudah terbentuk di atas level nol


ENTRY SELL
  • Perhatikan pergerakan harga dikala mendekati garis level nol
  • Jika kafetaria berwarna merah dan melintasi garis nol dari atas ke bawah maka hal itu sebagai indikasi harga bearish. 
  • Open posisi (SELL) dikala kafetaria pertama sudah terbentuk di bawah level nol

Begitu gampang dan simple indikator Accelerator ini sehingga saya kira Anda tidak perlu memakai indikator lainnya, cukup dengan indikator ini maka Anda akan mendapat profit secara konsisten. Artinya, walaupun dalam prosesnya terkadang terjadi loss, tetapi hal itu tidak masalah, alasannya yang penting yaitu akumulasi dari trading Anda tetap berakhir dengan profit. Perbandingan antara loss dengan profit lebih besar profit.
Kunci memakai indikator ini yaitu dengan kesabaran dan disiplin yang tinggi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel